Pernah Dipukul KO Naoya Inoue, Juara Dunia IBF Emmanuel Rodriguez Mendadak Pensiun

Rabu, 18 Oktober 2023 - 08:14 WIB
loading...
Pernah Dipukul KO Naoya Inoue, Juara Dunia IBF Emmanuel Rodriguez Mendadak Pensiun
Emmanuel Rodriguez telah memilih untuk pensiun dengan caranya sendiri / Foto: Ring Magazine
A A A
Emmanuel Rodriguez telah memilih untuk pensiun dengan caranya sendiri. Pemegang gelar juara dunia kelas bantam IBF dua kali dan pemegang gelar juara dunia kelas bantam secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Selasa.

Emmanuel Rodriguez yang berasal dari Puerto Rico mengejutkan banyak orang di industri ini, termasuk sebagian besar timnya sendiri yang terlihat sangat terkejut saat dia menggunakan media sosial untuk mengungkapkan keputusan sulitnya untuk meninggalkan olahraga ini.

"Hari ini (Selasa) adalah hari yang berat bagi saya karena hari ini saya telah mengambil keputusan untuk menggantungkan sarung tinju," kata Rodriguez dalam sebuah pernyataan yang diposting di halaman Facebook-nya. "Saya tahu bahwa bagi banyak orang, ini adalah keputusan yang salah karena seperti yang semua orang tahu, saya menikmati bagian terbaik dari karier tinju saya."



Rodriguez menambahkan bahwa keputusannya untuk gantung sarung tinju diambil dengan pertimbangan matang. "Ini adalah sesuatu yang telah mengorbankan banyak hal dan berkat tinju saya telah mencapai banyak hal yang saya syukuri hari ini,"tuturnya.

Rodriguez yang memiliki rekor (22-2, 13KO; 1NC) - yang dipromotori oleh Fresh Productions dan bertarung di bawah bendera Premier Boxing Champions (PBC) - pensiun dari dunia tinju hanya dua bulan setelah meraih gelar keduanya. Itu terjadi dalam kemenangan tipis atas Melvin Lopez dari Miami pada 12 Agustus untuk merebut kembali gelar kelas bantam IBF. Acara yang hanya dihadiri oleh sedikit penonton di MGM National Harbor, Oxon Hill, Maryland ini melihat Rodriguez memenangkan setiap ronde dan menjatuhkan Lopez pada ronde ke-12 dan terakhir untuk menjadi peraih gelar juara dunia dua kali.

Petinju berusia 31 tahun dari Manati, Puerto Rico ini memegang sabuk yang sama selama lebih dari satu tahun setelah kemenangan dominan dua belas ronde pada bulan Mei 2018 atas petinju Inggris, Paul Butler, dalam pertandingan tandang di London. Hanya satu kali mempertahankan gelar setelah itu, sebuah kemenangan split-decision atas Jason Moloney dari Australia yang tak terkalahkan pada saat pertandingan perempat final World Boxing Super Series Oktober 2018.



Rodriguez mengalami kekalahan pertama dalam kariernya satu pertarungan kemudian, sebuah KO pada ronde kedua bulan Mei 2019 dari Naoya Inoue yang kemudian menyatukan divisi ini pada akhir 2022. Keempat sabuk tersebut tersedia setelah Inoue naik ke divisi bantam dimana Rodriguez berada di urutan pertama dalam daftar peringkat IBF, namun menjadi yang terakhir untuk meraih gelar.

Petinju profesion ini melihat kariernya melambat terutama setelah pandemi. Ia hanya bertarung lima kali dalam empat tahun terakhir, salah satunya adalah kemenangan yang mengguncang pada bulan Maret lalu di Cancun, setelah kampanye tahun 2021 yang hanya berlangsung selama 16 detik di atas ring. Itu terjadi dalam perebutan gelar interim melawan Gary Antonio Russell yang berakhir dengan sebuah adu jotos.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)