Israel Diultimatum IBF dalam 72 Jam: Bertarung Atau Tersingkir

Minggu, 22 Oktober 2023 - 14:41 WIB
loading...
Israel Diultimatum IBF dalam 72 Jam: Bertarung Atau Tersingkir
Israel Diultimatum IBF dalam 72 Jam: Bertarung Atau Tersingkir/BoxinG scene
A A A
Petinju Israel Gonzalez diultimatum IBF dalam waktu 72 jam untuk menerima tantangan memperebutkan gelar tinju kelas terbang super (bantam junior) IBF melawan Willibaldo Garcia Perez. Israel 'Jiga' Gonzalez memiliki sebuah keputusan yang harus diambil saat ia berada di kamp pelatihan untuk pertarungan berikutnya.

BoxingScene.com mengkonfirmasi bahwa penantang kelas bantam junior ini akan memasuki laga perebutan gelar melawan petinju Meksiko, Willibaldo Garcia Perez. Kedua petinju - yang masing-masing menduduki peringkat lima dan enam dalam peringkat IBF kelas 52,1 kg - diberi waktu 72 jam untuk mengonfirmasi kesediaan mereka dalam pertarungan yang akan menentukan penantang wajib bagi pemegang gelar juara dunia kelas bantam junior IBF saat ini, Fernando 'Puma' Martinez.



"Dalam upaya untuk menentukan siapa penantang wajibnya, IBF memerintahkan pertarungan eliminasi antara Willibaldo Garcia Perez dan Israel Gonzalez untuk memperebutkan posisi nomor 1," kata ketua Komite Kejuaraan IBF, Carlos Ortiz, kepada para promotor kedua petinju tersebut melalui surat yang diperoleh Boxing Scene. "Pemenangnya akan menjadi petinju nomor satu dan penantang wajib.

"Dalam waktu 3 hari sejak 10 Oktober 2023 atau selambat-lambatnya 13 Oktober 2023, Anda harus menghubungi kantor ini secara tertulis untuk memberitahukan kesediaan Anda. Jika kami tidak mendengar kabar dari anda secara tertulis pada pukul 17:00 EST tanggal 13 Oktober 2023, kami akan berasumsi bahwa anda tidak ingin berpartisipasi dalam proses eliminasi ini dan menurunkan daftar peringkat ke penantang berikutnya yang tersedia."

Perebutan gelar yang telah dipesan ini akan memberikan kesempatan bagi petinju Argentina, Martinez (16-0, 9KO), untuk mempertahankan gelarnya secara sukarela. Petinju tak terkalahkan ini memenangkan sabuknya melalui keputusan 12 ronde atas juara bertahan Jerwin Ancajas bulan Februari lalu. Pertahanan pertamanya adalah sebuah kemenangan yang berulang dan bahkan lebih dominan atas petinju Filipina itu dalam pertandingan ulang mereka Oktober lalu, sebelum ia mengalahkan Jade Bornea dari Filipina melalui KO pada ronde kesebelas dalam perebutan gelar wajib mereka pada tanggal 26 Juni.

Garcia dipromotori oleh sasana Big Star Boxing milik Pedro Moran. Sedangkan Gonzalez diwakili oleh Sean 'VIVA' Gibbons. Yang menarik, urutan pertandingan ini terjadi saat Gonzalez (28-5-2, 11KO) dari Meksiko sudah dijadwalkan untuk pertarungan berikutnya.

Mantan penantang gelar empat kali berusia 28 tahun ini akan menghadapi rekan senegaranya, Luis Castro (19-7-3, 13KO), pada tanggal 4 November di kota kelahirannya, Cabo San Lucas. Gonzalez masih dapat menerima undangan IBF karena pertarungan tersebut sudah dijadwalkan, yang tidak akan melanggar Peraturan IBF 9(c), yang menyatakan bahwa "tidak ada petinju yang diizinkan untuk mengikuti pertarungan lain setelah badan pemberi sanksi menugaskan mereka untuk pertarungan perebutan gelar atau eliminasi.

Penolakan untuk berpartisipasi dalam periode negosiasi atau pertarungan itu sendiri akan mengakibatkan penurunan peringkat dan minimal enam (6) bulan sebelum petinju tersebut memenuhi syarat untuk bertarung dalam pertandingan yang disetujui oleh IBF."
Gonzalez telah mengalami kekalahan dalam empat kali perebutan gelar dalam kariernya.

Ia dihentikan pada ronde kesepuluh dalam perebutan gelar IBF Ancajas pada bulan Februari 2018, dan mengalami kekalahan melalui keputusan juri dari Khalid Yafai yang saat itu tak terkalahkan pada bulan Juni 2019, petinju legendaris Roman 'Chocolatito' Gonzalez pada bulan Oktober 2020, serta dari Jesse 'Bam' Rodriguez yang tak terkalahkan pada bulan September lalu. Dalam penampilan terbarunya, Gonzalez ditahan imbang selama sepuluh ronde oleh Jonathan Rodriguez pada tanggal 7 Juli di Monterrey, Meksiko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3388 seconds (0.1#10.140)