alexametrics

Fakta Menarik Jelang Grand Prix Singapura 2017

loading...
Fakta Menarik Jelang Grand Prix Singapura 2017
Balapan F1 GP Singapura akan digelar akhir pekan ini di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay. Foto/AP
A+ A-
SINGAPURA - Balapan Formula 1 akan menyambangi Singapura akhir pekan ini. Sebanyak 21 pembalap dari 10 tim siap adu cepat di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay untuk meraih podium. Apakah Lewis Hamilton mampu meneruskan kesuksesan setelah GP Italia atau Sebastian Vettel yang akan menjadi tercepat seperti tahun lalu? susah untuk memastikannya.

Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai Sirkuit Jalan Raya Marina Bay Singapura menurut Formula1.com:

Grand Prix Singapura adalah balapan malam hari. Masing-masing pembalap harus lebih awas selama balapan karena hanya mengandalkan pasokan cahaya dari sorot lampu yang terang. Namun bukan itu kuncinya untuk memenangkan balapan di Singapura, tapi kebugaran fisik. Sirkuit Marina Bay lebih sulit dibanding sirkuit lainnya karena memiliki 23 tikungan yang terus-menerus. Suhu ekstrem dan kelembaban tinggi yang menyelimuti GP Singapura juga menjadi tantangan bagi pembalap. Mereka harus bugar secara fisik, konsentrasi tinggi, dan memiliki daya tahan mental.

Fakta Menarik Jelang Grand Prix Singapura 2017

Karena merupakan jalan raya, Sirkuit Marina Bay memiliki karakter semput dan permukaan lintasan tidak rata, banyak benjolan. Hal ini membuat peluang menyalip sangat sedikit. Karena jika melakukan kesalahan sedikit saja, maka bisa pembalap bisa menabrak tembok pembatas. Karena itu, hanya pembalap hebat yang menang di balapan F1 GP Singapura.

Salah satu yang cukup sulit di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay adalah tikungan 7. Sudutnya mencapai 90 derajat yang berada di ujung lintasan lurus cukup panjang. Pembalap bisa menggeber mobilnya hingga kecepatan 320 km tapi kemudian harus mengerem untuk mengurangi kecepatan hingga 120 km/jam. Tikungan ini yang cukup membahayakan.

Fakta Menarik Jelang Grand Prix Singapura 2017

Jika Valtteri Bottas, Daniel Ricciardo atau Max Verstappen menang akhir pekan ini, ini bisa menjadi pertanda bagus bagi karir F1 mereka. Setiap pembalap yang pernah menang di Singapura akan menjadi atau telah menjadi juara dunia. Jika mereka ingin mengukir sejarah tentu mereka harus mengatasi Sebastian Vettel dengan mobil Ferrarinya yang menjadi raja di balapan bawah lampu sorot.

Fakta Menarik Jelang Grand Prix Singapura 2017

Tidak ada tim yang memenangkan balapan GP Singapura lebih banyak daripada Red Bull Racing. Jika salah satu dari dua pembalapnya menang, maka Red Bull akan tampil setingkat dengan tim Milton Keynes. Kemenangan terakhir Red Bull, satu-satunya kemenangan mereka musim ini, berada di sirkuit jalan raya lainnya, di Azerbaijan. 

Fakta Menarik Jelang Grand Prix Singapura 2017

Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton telah 3 kali meraih posisi pole di GP Singapura. Biasanya pembalap yang start dari posisi pertama akan menjadi pemenang. Lalu bagaimana peluang Daniel Ricciardo? Pembalap Red Bull ini berada di urutan ketiga pada 2014, lalu kedua di 2015, dan kembali menjadi di posisi kedua tahun lalu. Apakah Ricciardo mendapatkan keberuntungan kali ini dengan meraih pole position? Sangat mungkin.

Fakta Menarik Jelang Grand Prix Singapura 2017
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak