Bentrok Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Filipina Krisis Dukungan Suporter

Sabtu, 04 November 2023 - 15:03 WIB
loading...
Bentrok Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Filipina Krisis Dukungan Suporter
Bentrok Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Filipina Krisis Dukungan Suporter
A A A
MANILA - Minat sepak bola di Filipina telah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Timnas Filipina , yang dikenal sebagai The Azkals, kini menghadapi krisis dukungan suporter saat bersiap menghadapi Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Filipina akan menjalani dua pertandingan tandang dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka akan menghadapi Vietnam pada 16 November dan Timnas Indonesia pada 21 November 2023 mendatang.



Sebelum pertandingan penting ini, Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) tengah menghadapi tantangan besar. Minat masyarakat Filipina terhadap sepak bola telah menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir, seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PFF, Mikhail Torre. Ia menyatakan bahwa antusiasme masyarakat Filipina terhadap sepak bola telah menurun sejak tahun 2010 hingga 2014.

Torre mengakui bahwa penonton sepak bola di Filipina saat ini tidak sebanyak yang pernah ada pada periode tersebut. "Dalam semua upaya kami untuk membangun permainan, saya pikir di pihak federasi, kami lupa memanfaatkan semangat para penggemar," ujarnya.

Meskipun Filipina akan bermain di dua pertandingan kandang, minimnya dukungan suporter membuat PFF harus mencari solusi. Mereka berharap dapat menggalang dukungan dari para penggemar untuk memberikan dorongan tambahan kepada tim nasional.

PFF telah mencoba mengatasi masalah ini dengan menjual tiket pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari 100 Peso Filipina (sekitar Rp28 ribu) hingga 500 Peso (sekitar Rp140 ribu). Selain itu, mereka juga telah merencanakan festival di luar stadion untuk para suporter, yang akan mencakup penjualan merchandise, makanan, minuman, dan mini-games agar para suporter tidak bosan menunggu pertandingan dimulai.

PFF berharap upaya ini akan membantu menghidupkan kembali semangat dan minat masyarakat Filipina terhadap sepak bola di negara mereka.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)