Hasil Tinju Dunia: Joe Cordina Pertahankan Gelar IBF

Minggu, 05 November 2023 - 07:13 WIB
loading...
Hasil Tinju Dunia: Joe Cordina Pertahankan Gelar IBF
Hasil Tinju Dunia: Joe Cordina Pertahankan Gelar IBF/Matchroom Boxing
A A A
Hasil tinju dunia Joe Cordina mempertahankan gelar juara kelas bulu super IBF dengan kemenangan angka mutlak atas Edward Vazquez di Monte Carlo, Minggu (5/11/2023) pagi WIB. Joe Cordina awalnya memenangkan gelar pada Juni 2022 dengan KO sensasional satu pukulan atas Kenichi Ogawa sebelum dilucuti secara paksa setelah mengalami cedera tangan.

Ia kembali merebut gelar tersebut pada bulan April dengan mengalahkan Shavkat Rakhimov dalam sebuah pertarungan sengit. Mengambil posisi di tengah ring sejak awal, Cordina terlihat jauh lebih besar dari atlet Texas yang bertubuh ramping itu, dan petinju Wales ini langsung menemukan jarak serang, menyarangkan beberapa tinju kiri keras ke arah tubuh lawannya.



Sekali atau dua kali, Vazquez nampak seperti terkena dampak dari beberapa serangan, namun jika ia terkena, kekuatannya tidak terlalu menggoyahkannya. Ia maju pada ronde kedua dan menyerang dengan keras. Cordina sangat senang membalas serangan dengan serangan.

Vazquez mendaratkan sebuah uppercut dan hook kiri yang bersih dan menikmati beberapa momen bagus. Vazquez memulai ronde ketiga dengan pukulan kanan atas jab Cordina, namun sang juara bertahan di tengah ring, menggunakan kaki depannya dan pukulan straight untuk menjaga jarak di antara keduanya. Tiba-tiba, Vazquez menjadi lebih sulit untuk memulai pertukaran serangan.

Cordina juga menemukan celah untuk memasukkan pukulannya ke arah dalam. Vazquez memulai ronde keempat dengan impresif, bekerja di sisi dalam dan mengincar Cordina setelah melepaskan pukulannya, namun ia nampak terluka oleh kombinasi uppercut kanan, hook kiri dan kombinasi pukulan ke arah tubuh. Ia dipaksa bertahan selama 20 detik, namun atlet asal Spanyol itu mampu bertahan dengan baik.

Vazquez bertarung dengan baik. Cordina memilih untuk bertarung di dalam jarak dekat daripada mencoba menggunakan keunggulan fisiknya dan Vazquez mengambil keuntungan dengan mendaratkan beberapa serangan pendek yang tajam. Serangan Cordina memiliki kekuatan yang lebih besar, namun ia tidak dapat meruntuhkan kepercayaan diri Vazquez.



Cordina merupakan unggulan sebelumnya, namun tiba-tiba menemukan dirinya berada dalam pertarungan sesungguhnya. Seakan sudah terbiasa dengan kekuatannya, Vazquez terlihat nyaman berada di dalam jarak serang dan keduanya bertukar serangan keras, dimana Cordina sempat kehilangan keseimbangan pada satu titik.

Cordina akhirnya memutuskan untuk memberi jarak di antara keduanya pada ronde ketujuh. Vazquez masuk dengan jab-nya, namun hanya dengan sedikit gerakan, Cordina mampu mengambil kembali kendali pertarungan. Ronde kedelapan dan kesembilan berlangsung sangat tipis. Vazquez harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan kesempatan kali ini.

Dengan cerdik, ia tidak menjadi gegabah dan sembrono. Menerima bahwa ia harus bersabar, ia membiarkan Cordina yang memiliki pukulan tajam mendapatkan momennya dan menyerang dengan kombinasi ketika ia bisa. Serangan yang lebih bersih dan lebih keras datang dari pria asal Cardiff ini, namun Vazquez memanfaatkan setiap kesempatan yang ada.

Pertarungan makin seru, Cordina mendaratkan pukulan straight dan seringkali mengakhiri kombinasi dengan hook kiri ke arah tubuh dan Vazquez mendaratkan pukulan pendek di dalam dan di sekitar posisi guard - namun semakin banyak terjadi di jarak serang yang disukai Vazquez.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)