Noel Mikaelyan Pukul KO Ilunga Makabu, Rebut Sabuk Kelas Penjelajah WBC

Minggu, 05 November 2023 - 10:53 WIB
loading...
Noel Mikaelyan Pukul KO Ilunga Makabu, Rebut Sabuk Kelas Penjelajah WBC
Noel Mikaelyan Pukul KO Ilunga Makabu, Rebut Sabuk Kelas Penjelajah WBC. Foto: Boxing Scene
A A A
MIAMI - Hasil tinju dunia Noel Mikaelyan menghentikan mantan juara dunia Ilunga Makabu melalui kemenangan KO pada ronde ketiga untuk merebut gelar juara dunia kelas penjelajah WBC yang masih lowong. Noel Mikaelyan (26-2, 12 KO) menjatuhkan Ilunga Makabu (29-4, 25 KO) pada ronde kedua dan mengakhiri laga ronde ketiga dengan kombinasi enam pukulan yang menjatuhkan Makabu lagi untuk mengakhiri penampilan yang luar biasa.

Wasit Gene Del Bianco menghentikan aksi pada menit ke-1 ronde ketiga setelah memutuskan bahwa Makabu yang terhuyung-huyung itu tidak dapat melanjutkan laga. Kontes kelas penjelajah ini menjadi puncak dari ajang yang dipromotori oleh Don King ini, yang disiarkan secara langsung oleh FITE TV di Casino Miami Jai Alai, Miami, Florida, Amerika Serikat, pada hari Sabtu malam.



Noel Mikaelyan - petinju Armenia berusia 33 tahun - menjatuhkan Makabu dengan sebuah pukulan kanan ganda pada ronde kedua. Mikaelyan menekan gas dan melepaskan rentetan serangan keras yang tak terjawab untuk mengakhiri laga, namun Makabu mampu bertahan.

Tim medis di sisi ring memeriksa Makabu sebelum ronde ketiga dimulai, namun Mikaelyan memastikan bahwa ia mengakhiri laga dengan caranya sendiri.

Ronde pertama hanya menjadi ajang uji coba, saat kedua petarung ini dengan hati-hati mencoba menemukan jarak serang mereka tanpa mendaratkan serangan yang berarti.
Sangat jelas sejak awal bahwa Mikaelyan yang lebih panjang dan ramping memiliki semangat tinggi, dimana Makabu - yang tiba di Amerika Serikat dari Afrika Selatan sebelum penimbangan berat badan pada hari Jumat - nampak kaku.

Mikaelyan datang dari sebuah kemenangan mutlak pada bulan Februari 2022 atas Youri Kalenga di Latvia. Kemenangan tersebut menjadikan Mikaelyan yang dilatih Pedro Diaz sebagai penantang wajib bagi gelar yang dimiliki Makabu saat itu, namun Mikaelyan mundur untuk memberi kesempatan bagi Makabu mempertahankan gelarnya secara sukarela melawan Badou Jack.

Petinju kidal asal Kongo ini pertama kali memenangkan gelar WBC pada bulan Januari 2020 dengan kemenangan mutlak atas Michal Cieslak. Petarung berusia 35 tahun ini mempertahankan gelarnya dua kali melawan Olanrewaju Durodola dan Thabiso Mchunu sebelum mengalami kekalahan pada ronde ke-12 dari Jack di bulan Februari.

Setelah itu, Jack memilih untuk tidak menghadapi Mikaelyan dan mengosongkan gelarnya.
Mikaelyan bergabung dengan para juara kelas penjelajah dari seluruh dunia.

Pemegang gelar lainnya dalam divisi ini termasuk rekan senegara Mikaelyan, yaitu juara WBA Arsen Goulamirian (Armenia), pemegang gelar IBF Jai Opetaia (Australia), dan pemegang gelar WBO Chris Billam-Smith (Inggris).
Kelas penjelajah kehilangan daya tariknya dalam beberapa tahun terakhir setelah mantan juara tak terbantahkan Oleksandr Usyk mengosongkan gelarnya pada tahun 2019 untuk bertarung di divisi kelas berat.

Juara dunia kelas menengah super yang tak terbantahkan, Saul Canelo Alvarez, mungkin akan menyuntikkan semangat baru ke dalam divisi ini pada tahun 2024.
Bintang Meksiko ini telah lama ingin bertarung untuk memperebutkan gelar kelas penjelajah untuk menjadi juara lima divisi.

Pada tahun 2021, WBC menyetujui permintaan Saul Canelo Alvarez untuk menantang Makabu demi gelar yang dimilikinya saat itu. Namun pertarungan tersebut tidak pernah terwujud.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)