Sabuk IBF Terence Crawford Dicopot, Apakah Tetap Juara Tak Terbantahkan?

Jum'at, 10 November 2023 - 09:19 WIB
loading...
A A A
Badan-badan pemberi sanksi pada umumnya tidak menghormati klausul pertarungan ulang sebagai pengecualian yang dapat dibenarkan untuk perebutan gelar wajib. Peraturan IBF 3.B., pada kenyataannya, melarang praktik tersebut.

"Tidak ada kontrak untuk kontes Kejuaraan yang boleh berisi klausul atau ketentuan apa pun, apa pun, yang menjamin atau dengan cara apa pun menjamin atau menjanjikan kontestan untuk bertarung kembali dalam kontes Kejuaraan di mana klausul atau ketentuan tersebut mengganggu pertahanan gelar wajib."

Sebagian besar pertarungan besar cenderung melanggar peraturan tersebut, Crawford-Spence masuk dalam kategori tersebut. Itu adalah risiko yang bersedia diambil Crawford untuk mengamankan kemenangan yang menentukan kariernya dan bayaran delapan digit yang sehat dan mengubah hidup yang menyertainya.

"Berdasarkan hal tersebut di atas, IBF telah mencabut pengakuan terhadap Terence Crawford sebagai juara dunia Kelas Welter IBF," demikian pernyataan IBF.

Ennis merebut gelar IBF sementara dengan kemenangan angka mutlak selama dua belas ronde atas Karen Chukhadzhian pada tanggal 7 Januari di Washington D.C. IBF setuju untuk menyetujui pertarungan tersebut dengan persyaratan seperti itu karena Ennis-sebagai penantang wajib pada saat itu-tidak memiliki jalur untuk segera menantang gelar tersebut.

Spence diperintahkan pada saat itu untuk menghadapi penantang wajib WBC, Keith Thurman. Badan-badan resmi terikat pada sistem rotasi untuk para pemegang gelar, yang membuat WBA dan IBF harus menunggu. WBA telah mengakui Eimantas Stanionis sebagai pemegang gelar 'Reguler' kedua dan memerintahkan untuk mempertahankan gelarnya sendiri.

Ennis diizinkan untuk menantang gelar IBF sementara, yang telah dipertahankannya dengan kemenangan KO pada ronde kesembilan atas Roiman Villa pada tanggal 9 Juli dalam acara yang disiarkan langsung oleh Showtime Championship Boxing dari Atlantic City. Pertarungan ini datang dengan keputusan resmi bahwa ia akan menantang pemenang Crawford-Spence, setidaknya dari sudut pandang IBF.

Belum ada kabar terbaru mengenai pertandingan ulang Crawford-Spence. Sebelumnya ada perdebatan mengenai berat badan dan persyaratan untuk pertarungan tersebut.

Spence mengatakan setelah kekalahan pertamanya dalam kariernya bahwa ia berencana untuk naik kelas, yang pada awalnya disetujui oleh Crawford setelah pertarungan mereka. Namun, Crawford - yang memiliki hak untuk menentukan berat badan, sesuai dengan perjanjian kontrak mereka - sejak saat itu menyatakan kesediaannya untuk bertarung di kelas welter.

Apa pun itu, ia kini berada dalam posisi untuk melanjutkan pertarungan tersebut atau melanjutkan masa kejayaannya di kelas welter, yang kini tinggal menyisakan satu gelar lagi. Ennis harus melakukan pertarungan wajib pada suatu saat nanti, kapan pun IBF dapat menentukan penantang tersebut. Bintang yang sedang naik daun ini akan diizinkan untuk melakukan pembelaan sukarela untuk sementara waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2396 seconds (0.1#10.140)