30 Tahun UFC: Inilah 10 Momen Paling Penting dalam Sejarah MMA

Senin, 13 November 2023 - 11:11 WIB
loading...
30 Tahun UFC: Inilah 10 Momen Paling Penting dalam Sejarah MMA
30 Tahun UFC: Inilah 10 Momen Paling Penting dalam Sejarah MMA/The Sun
A A A
Inilah 10 momen paling penting dalam sejarah MMA setelah 30 tahun kehadirannya mengguncang dunia beladiri campuran. Dari awal berdiri 30 tahun lalu hingga sekarang, drama demi drama terjadi di octagon UFC. Pertarungan berdarah hingga petarung meninggal menjadi sisi lain dari kejamnya MMA. Berikut 10 momen paling penting dalam sejarah MMA yang mengguncang dunia.

1. Pertarungan UFC 1
Peristiwa yang tanpa disadari mengubah wajah olahraga tarung bebas untuk selamanya. Turnamen yang diikuti oleh delapan orang ini - termasuk mantan bintang WWE Ken Shamrock - berhasil memikat lebih dari 86.000 penonton, yang pada saat itu merupakan jumlah yang luar biasa untuk menarik perhatian.

Tontonan murni untuk menyaksikan para seniman bela diri besar dan kecil yang mencoba menggunakan keahlian mereka untuk melumpuhkan satu sama lain adalah nilai jual utama. Banyak yang mengira bahwa pria berotot besar, Shamrock, akan menjadi pemenang yang pasti.



Namun mereka terpana saat ikon Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) yang saat itu belum dikenal dan bertubuh kecil, Royce Gracie, membuktikan bahwa otot tidak dapat memenangkan pertarungan dengan kemenangan submission pada ronde pertama secara beruntun atas Shamrock dan Gerard Gordeau untuk menjuarai turnamen ini.

2. Pembelian Zuffa dan penunjukan Dana White.

Mantan miliarder pemilik UFC, Lorenzo dan Frank Fertitta, membeli organisasi yang saat itu sedang mengalami kesulitan pada bulan Januari 2001 dari SEG dengan harga USD2 juta. Para penggemar BJJ diyakinkan untuk melakukan hal tersebut oleh teman baik mereka dan sesama penggemar bela diri, Dana White.

Keluarga Fertitta menyerahkan kekuasaan pada White tak lama setelah mendapatkan promosi tersebut, dengan mengangkatnya sebagai presiden perusahaan. Dan sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah.

3. The Ultimate Fighter 1
30 Tahun UFC: Inilah 10 Momen Paling Penting dalam Sejarah MMA


Meskipun populer di kalangan penggemar seni bela diri, investasi 2 juta dolar dari Fertittas tampaknya gagal total.
Mereka telah menghabiskan USD40 juta untuk mencoba melegitimasi dan menjadikan UFC sebagai entitas utama, namun tidak berhasil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)