Profil Katie Taylor, Petinju P4P Wanita Terbaik Peraih Medali Emas Olimpiade London 2012

Senin, 04 Desember 2023 - 15:30 WIB
loading...
Profil Katie Taylor, Petinju P4P Wanita Terbaik Peraih Medali Emas Olimpiade London 2012
Katie Taylor sukses mendapatkan gelar dunia tinju wanita kelas ringan super tak terbantahkan. Hal tersebut membuat Katie Taylor menjadi satu dari 10 petinju wanita yang masuk ke dalam Pound for pound (P4P) / Foto: Radio Times
A A A
Katie Taylor sukses mendapatkan gelar dunia tinju wanita kelas ringan super tak terbantahkan. Hal tersebut membuat Katie Taylor menjadi satu dari 10 petinju wanita yang masuk ke dalam Pound for pound (P4P).

Berduel di 3Arena, Dublin, Irlandia pada 25 November 2023, Katie berhasil membalas kekalahan dari Chantelle Cameron. Petinju berusia 37 itu sukses mengalahkan Chantelle Cameron di ronde 10 dan memastikan gelar kelas walter ringan wanita WBA, WBC, IBF, IBO dan The Ring.

Sebelumnya, Katie sempat menelan kekalahan dari Chantelle Cameron di 3Arena, Dublin, Irlandia pada 20 Mei 2023. Hal tersebut membuatnya gagal mendapatkan gelar kelas walter ringan wanita WBA, WBC, IBF, IBO dan The Ring.



Kendati demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui Katie Taylor yang merupakan salah satu petinju terbaik wanita saat ini.

Profil Katie Taylor


Katie Taylor merupakan putri dari pasangan Pate Taylor dan Bridget. Petinju bertinggi 165cm itu lahir di Bray, County Wicklow, Irlandia pada 2 Juli 1986.

Sementara Katie Taylor berlatih tinju pada usia 12 tahun dengan ayahnya, Pete Tylor. Kemudian pada usia 15 tahun, Katie Taylor menjalani pertarungan tinju wanita secara resmi dengan mengalahkan Alanna Auldey di Stadion Nasional pada 2001 silam.

Sejauh ini, Katie Taylor sudah menjalani 24 pertarungan sebagai petinju wanita profesional. Ia sukses mendapatkan enam kemenangan secara KO serta satu kali menelan kekalahan.

Katie Taylor memiliki prestasi luar biasa sebagai seorang petinju. Sebab, ia sempat meraih medali emas Olimpiade London, Inggris pada 2012 usai mengalahkan Sofya Ochigava asal Rusia dengan skor 10-8 dan menjadi juara kelas ringa wanita Olimpiade pertama.

Namun, Katie Taylor gagal mempertahankan medali emasnya di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016. Ia menelan kekalahan dari Mira Potkonen asal Finlandia di babak perempat final.

Selain medali emas Olimpiade London 2012, Katie Taylor juga memiliki banyak prestasi. Diantaranya adalah enam kali juara Kejuaraan Amatir Eropa, enam Kejuaran Amatir Dunia dan lima Kejuaraan Amatir Uni Eropa.

Sempat menjadi pemain sepak bola, Katie Taylor juga memiliki prestasi yang luar biasa. Ia sempat dinobatkan sebagai Tokoh Olahraga Terbaik dari Federasi Sepak Bola Irlandia pada 2020 dan 2022.

Sementara di P4P, Katie Taylor menempati posisi ketiga. Posisi ketiga menurut The Ring, tempat kedua menurut ESPN dan BoxRec.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)