Prestasi dan Gelar Juara Ellyas Pical, Legenda Tinju Indonesia yang Menggemparkan

Selasa, 12 Desember 2023 - 19:01 WIB
loading...
A A A
Kemenangan Elly di Seoul waktu itu sebenarnya juga mencatatkan sejarah baru. Ia menjadi petinju profesional Indonesia pertama yang meraih gelar internasional di luar negeri.

Tak berhenti begitu saja, setelahnya Elly bisa mempertahankan gelar juaranya. Waktu itu, ia berhasil menangani tantangan dari petinju Jepang, Mutsuo Watanabe.

3. Mempertahankan Gelar IBF Kelas Super Terbang


Pada 25 Agustus 1985, Ellyas Pical mendapat tantangan dari petinju Australia bernama Wayne Mulholland untuk gelar juara dunia IBF kelas super terbang miliknya. Ia sukses menang dan mempertahankan gelar.

Beberapa waktu berselang, Elly kehilangan sabuk juara dunia IBF kelas super terbang. Waktu itu, ia gelarnya direbut petinju Dominika bernama Cesar Polanco.

Elly kembali menantang Cesar Polanco beberapa bulan setelahnya. Terbukti, ia sukses membalaskan dendam dan merebut kembali gelar IBF kelas super terbang miliknya dulu.

Pada pertarungan mempertahankan gelar berikutnya, Elly masih sanggup menyudahi perlawanan Dong Chun Lee dari Korea Selatan. Kehebatannya sempat terhenti oleh petinju Thailand, Khaosai Galaxy pada 28 Februari 1987.

Sempat terpuruk, Elly membutuhkan beberapa bulan untuk bangkit. Setelah itu, ia pun kembali merebut gelar juara dunia IBF kelas super terbang pada Oktober 1987 dari petinju Korea Selatan, Chang Tae-il.

Setelah beberapa kali berhasil mempertahankan gelar juara, Elly harus kehilangan sabuk juara dunia IBF kelas super terbang. Gelarnya itu direbut oleh petinju asal Kolombia, Juan Polo Perez pada 14 Oktober 1989.

Pasca kehilangan gelarnya, Elly sempat bertanding kembali beberapa kali sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada 2000. Sepanjang karier profesionalnya, ia punya rekor 20 kemenangan, satu imbang, dan lima kekalahan.

Demikian ulasan mengenai prestasi dan gelar juara Ellyas Pical, legenda tinju Indonesia yang menggemparkan.
(yov)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)