Jadwal Tinju Dunia Jesse Rodriguez vs Sunny Edwards Duel Unifikasi Gelar

Kamis, 14 Desember 2023 - 14:14 WIB
loading...
Jadwal Tinju Dunia Jesse Rodriguez vs Sunny Edwards Duel Unifikasi Gelar
Jadwal Tinju Dunia Jesse Rodriguez vs Sunny Edwards Duel Unifikasi Gelar/Boxing Scene
A A A
Jadwal tinju dunia Jesse Rodriguez vs Sunny Edwards akan menjalani duel unifikasi gelar kelas terbang 50,8 kg. Inilah duel bersejarah unifikasi gelar kelas terbang yang ditunggu setelah beberapa tahun..

Butuh waktu 47 tahun lamanya divisi kelas terbang dalam tinju saat Salvatore Burruni dilucuti dari sabuk WBA kelas 50,8 kg, di era ketika WBC masih dianggap masih baru, dan pertandingan penyatuan alfabet pertama di divisi ini.
Tahun 2012 menyuguhkan kemenangan Brian Viloria atas Tyson Marquez untuk menyatukan sabuk WBA dan WBO, sepasang sabuk yang tetap bertahan selama masa pemerintahan Juan Francisco Estrada.

Masa pemerintahan Estrada berakhir pada tahun 2016. Sejak saat itu, tidak ada lagi pertarungan unifikasi dalam divisi ini, namun hal itu akan berubah pada hari Sabtu ini (DAZN, 20:00 WIB). Kali ini, tidak butuh waktu 47 tahun. Pemegang gelar IBF berusia 27 tahun asal London, Sunny Edwards (20-0, 4 KO), melawan pemegang gelar WBO berusia 23 tahun asal Texas, Jesse "Bam" Rodriguez (18-0, 11 KO), akan menjadi satu lagi pertandingan yang akan terjadi di tahun 2023.



Ini memiliki sedikit dari segalanya. Penata gaya melawan petinju-pemukul; kidal (Bam) vs ortodoks (Edwards). Namun, yang juga dimilikinya adalah sesuatu yang sangat sulit untuk disatukan selama setengah abad. Penyatuan tidak pernah mudah dilakukan, namun hal ini lebih mudah dilakukan dalam divisi-divisi glamor tinju. Kelas welter telah mengalami beberapa pertarungan unifikasi dalam setiap dekade sejak 1980-an. Kelas berat juga demikian. Itu masuk akal. Divisi-divisi tersebut memiliki jumlah penonton yang lebih besar yang menyatukan dunia.

Sedangkan kelas terbang sering kali terkendala oleh faktor geografis. Bahkan dengan lebih banyak sabuk yang dimiliki, pertarungan tidak terjadi. Selama masa kejayaan Pongsaklek Wonjongjam sebagai juara WBC, misalnya, petinju Thailand ini berhasil mengalahkan rekor pertahanan gelar berturut-turut Miguel Canto dengan tujuh belas kali berturut-turut.

Pada saat yang sama, pemegang gelar WBO asal Argentina, Omar Narvaez, mempertahankan gelarnya selama 15 kali berturut-turut. Mereka tidak pernah bertemu di atas ring.

Di Amerika Serikat, relatif sedikit yang memperhatikan atau peduli karena petinju kelas terbang yang paling mereka kenal adalah Nonito Donaire, Jorge Arce, dan Vic Darchinyan, dan itu sudah cukup untuk kelas terbang. Wonjongkam dan Arce bahkan sempat memiliki sabuk WBC versi mereka sendiri untuk sementara waktu, Arce sebagai pemegang sabuk interim.

Artinya, tidak banyak yang menjadi juara dunia yang terjadi di pulau-pulau yang memiliki daya tarik regional. Mereka yang dapat mengukir kehidupan dalam gelembung mereka akan terus bertahan dan tidak ada yang benar-benar menawarkan uang lebih. Ada beberapa momen penyatuan di divisi terbang mini, terbang junior, dan bantam junior, namun para bintang tidak bersatu di kelas terbang.

Viloria-Marquez mengubahnya dalam satu malam, dan era streaming tinju juga telah menghasilkan semacam kesadaran global terhadap seorang petarung seperti Naoya Inoue, yang membuatnya menjadi juara kelas bantam tak terbantahkan pertama dalam setengah abad divisi tersebut. Di generasi lain, Edwards mungkin tidak akan pernah terlihat di AS dan Rodriguez akan berada dalam peran Darchinyan/Donaire sebagai petinju kelas terbang yang langka yang dikenal oleh para penggemar tinju di sini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)