alexametrics

Timnas U-16 Genjot 4 Aspek Jelang Tampil di Turnamen Jenesys 2018

loading...
Timnas U-16 Genjot 4 Aspek Jelang Tampil di Turnamen Jenesys 2018
Tim nasional (timnas) U-16 kembali menggelar pemusatan latihan jelang tampil di turnamen Jenesys di Jepang, 6-15 Maret 2018/Foto/Twitter/@pssi-fai
A+ A-
JAKARTA - Tim nasional (timnas) U-16 kembali menggelar pemusatan latihan jelang tampil di turnamen The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth (Jenesys) di Jepang, 6-15 Maret 2018. Ada empat aspek yang akan dimatangkan pada pemusatan latihan (TC) tahap kedua di Jakarta, yang dimulai pekan ketiga Februari 2018.

Pelatih Fakhri Husaini akan memanggil 25 pemain untuk TC tahap kedua ini. Jumlah itu tak lebih banyak dari pemusatan latihan tahap pertama pada 20-27 Januari 2018. Fakhri menyebut daftar nama akan dirilis kemudian, karena tim pelatih masih akan memastikannya terlebih dahulu. Selama TC tahap kedua, Fakhri masih akan menambah pemain baru.

"Kami masih akan terus mencari pemain baru lagi. Karena saya masih belum mendapatkan pemain pelapis tim utama,” kata Fakhri dilansir laman resmi PSSI.

“Rencananya, pemusatan latihan periode kedua ini digelar pekan ketiga Februari 2018."

Pemilihan pemain menjadi kendala bagi Fakhri. Namun, PSSI memberi solusi dengan menggelar kompetisi liga pro untuk U-15 yang akan segera bergulir. Sebelumnya, PSSI sudah menyelenggarakan turnamen Piala Soeratin U-15. Fakhri juga mendapatkan beberapa pemain dari ajang itu.

“Jika memang ada turnamen liga pro I-15, tentu akan membantu saya, juga pelatih lain di masa depan dalam mencari serta menjaring pemain berbakat untuk tim nasional," imbuh Fakhri.

"Selain itu, ini bagus untukpembinaan karena pemain punya wadah untuk tetap terus mengasah skill dan berkompetisi agar tetap menjaga kondisi permainannya di lapangan."

Fakhri mengaku sudah mengantongi sekitar 55 nama pemain hasil seleksi nasional tahap pertama tahun lalu. Mereka terjaring dari berbagai Asprov PSSI dan kompetisi-kompetisi yang dilakukan pihak swasta. Nantinya, jumlah tersebut diperas menjadi 25 saja.

Menurut Fakhri, tim kepelatihan akan memfokuskan latihan pada empat aspek, yakni fisik, teknik, taktik, dan mental yang akan terus diasah dan diperbaiki. "Saya ingin pemain bisa memahami karena ini merupakan salah satu fondasi penting dalam persiapan mengikuti beberapa ajang di tahun ini,” imbuhnya.

Garuda Muda -julukan timnas U-16- tak hanya melakukan persiapan untuk menghadapi turnamen Jenesys di Jepang. Rendy Juliansyah dkk juga akan mengikuti beberapa turnamen penting, seperti Piala AFF U-16 2018, 30 Juli–11 Agustus 2018 di Indonesia, dan Piala AFC U-16 2018 di Malaysia, 20–30 September 2018.

(sha)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak