Alasan Shin Tae-yong Pilih Syahrul Trisna ketimbang Nadeo Argawinata

Rabu, 20 Desember 2023 - 12:48 WIB
loading...
Alasan Shin Tae-yong Pilih Syahrul Trisna ketimbang Nadeo Argawinata
Shin Tae-yong akhirnya buka suara mengenai pemilihan Syahrul Trisna sebagai kiper Timnas Indonesia ketimbang Nadeo Argawinata dalam pemusatan latihan (TC) di Turki / Foto: Instagram Syahrul Trisna Fadillah (@syahrulfadil26)
A A A
Shin Tae-yong akhirnya buka suara mengenai pemilihan Syahrul Trisna sebagai kiper Timnas Indonesia ketimbang Nadeo Argawinata dalam pemusatan latihan (TC) di Turki. Menurutnya, penjaga gawang Persikabo 1973 itu memiliki ketenangan yang dinilai bakal minim kebobolan.

Shin Tae-yong sudah menentukan 29 pemain yang bakal mengikuti TC di Turki, sebelum berlaga di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Ada tiga penjaga gawang yang dibawa, dan mereka adalah Syahrul Trisna (Persikabo 1973), Muhamad Riyadi (Persis Solo) dan Ernando Ari (Persebaya Surabaya).

Pada TC kali ini, Shin Tae-yong secara mengejutkan tak membawa Nadeo Argawinata meski telah tampil di dua laga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kendati demikian, Shin Tae-yong memiliki alasan tersendiri untuk tak membawa kiper Borneo FC tersebut.



Dikatakannya, Syahrul Trisna lebih tenang dan memiliki presentase lebih kecil untuk kemasukan gol saat menjadi kiper Timnas Indonesia. "Syahrul adalah pemain yang sangat tenang saat pertandingan. Ketika Syahrul main, kemungkinan kebobolan semakin kecil. Jadi, akhirnya saya pilih dia," kata Shin Tae-yong, Selasa (18/12/2023).

Sementara Syahrul Trisna tak dipanggil ke Timnas Indonesia untuk berlaga di dua laga awal Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Bahkan, ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan saat Skuad Garuda menghancurkan Brunei Darussalam dengan agregat 12-0 di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kendati demikian, Syahrul Trisna sempat tampil di tiga laga FIFA Matchday 2023. Kala itu, ia bermain saat Timnas Indonesia menang 3-1 dan imbang 2-2 dengan Burundi serta saat Timnas Indonesia ditahan imbang 0-0 dengan Palestina.



Di sisi lain, Nadeo Argawinata sempat tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski berhasil membawa Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam, tetapi ia tak mampu menahan gempuran saat menelan kekalahan 1-5 dari Irak.

Daftar 29 Pemain yang Mengikuti TC Timnas Indonesia di Turki

Kiper:

1. Syahrul Trisna - Persikabo
2. Muhamad Riyandi - Persis Solo
3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

Belakang:

4. Justin Hubner - Wolverhampton
5. M. Edo Febriansah - Persib Bandung
6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang
7. Rizky Ridho - Persija Jakarta
8. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC
9. Elkan Baggott - Ipswich Town
10. Sandy Walsh - KV Mechelen
11. Shayne Pattynama - Viking FK
12. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons
13. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

Tengah:

14. Saddil Ramdani - Sabah FC
15. Marc Klok - Persib Bandung
16. Ricky Kambuaya - Dewa United
17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta
18. Egy Maulana - Dewa United
19. Adam Alis - Borneo FC
20. Arkhan Fikri - Arema FC
21. Yakob Sayuri - PSM Makassar
22. Yance Sayuri - PSM Makassar
23. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze
24. Ivar Jenner - Jong Utrecht

Depan:

25. Hokky Caraka - PSS Sleman
26. Ramadhan Sananta - Persis Solo
27. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC
28. Dimas Drajad - Persikabo
29. Rafael Struick - ADO Den Haag
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)