Menyoal Banyaknya Naturalisasi Pemain Belakang, Begini Penjelasan PSSI

Jum'at, 22 Desember 2023 - 17:05 WIB
loading...
Menyoal Banyaknya Naturalisasi Pemain Belakang, Begini Penjelasan PSSI
Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, memberikan penjelasan mengenai masifnya melakukan naturalisasi pemain belakang untuk Timnas Indonesia / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Komite Eksekutif (Exco) PSSI , Arya Sinulingga , memberikan penjelasan mengenai masifnya melakukan naturalisasi pemain belakang untuk Timnas Indonesia. Dalam acara Diskusi Turun Minum PSSI Pers, dia menuturkan bahwa semua itu tak luput dari pertimbangan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Satu, pertimbangannya pasti pelatih dong. Pelatih yang menentukan mana yang diambil, mana yang tidak," ucap Arya, Jumat (22/12/2023).

Arya mengungkapkan ketersediaan pemain keturunan Indonesia yang cukup minim di pos lini depan. Pria berusia 52 tahun itu bahkan berkelakar kalau bisa mengambil pemain sekaliber Cristiano Ronaldo, maka PSSI akan melakukannya.



"Kemudian ketersediaan. Kita sih ingin ambil (pemain seperti) Ronaldo misalnya, tetapi kan dia tidak bersedia dan tidak bisa juga," ujar pria yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN.

Dalam beberapa tahun terakhir memang mayoritas pemain yang dinaturalisasi adalah pemain yang berposisi bertahan. Setidaknya saat ini sudah ada empat nama yakni Justin Hubner, Jordi Amat, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh.

Kemungkinan masih akan bertambah karena proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah hampir rampung. Kedua pemain yang berposisi di lini pertahanan ini hanya tinggal mengambil sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) saja.



Kendati begitu, PSSI juga sedang mempercepat proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen. Tapi kali ini pemain tersebut berposisi di lini serang sehingga dapat menambah daya gedor Timnas Indonesia.

Sementara itu, PSSI saat ini juga dikabarkan tertarik untuk naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes. Adapun Haye berposisi sebagai gelandang, sedangkan Paes sebagai kiper yang lagi-lagi ada di pos pertahanan. Namun belum diketahui pasti bagaimana kelanjutan dua pemain ini.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)