Gustavo Maia, Pemain Muda Barcelona yang Dipagari Kontrak Rp5,7 Triliun

loading...
Gustavo Maia, Pemain Muda Barcelona yang Dipagari Kontrak Rp5,7 Triliun
Gustavo Maia dikontrak dengan klausul rilis sebesar 300 juta Euro atau setara Rp5,7 triliun. Foto: sports.yahoo.com
A+ A-
BARCELONA - Barcelona baru saja merekrut Gustavo Maia dari klub Brasil. Pemain muda itu dikontrak dengan klausul rilis sebesar 300 juta euro atau setara Rp5,7 triliun.

Penyerang berusia 19 tahun ini didatangkan FC Barcelona dari Sao Paulo FC, dan meskipun ia belum pernah mencatatkan penampilan di tim utama, ia memiliki catatan gol dan raihan trofi impresif. (Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah)

Maia, 19 tahun, didatangkan dengan harga 4,5 juta euro. Barcelona membayarnya sebesar 1 juta euro di muka, kemudian membayar sisa 3,5 juta euro untuk membawanya ke Camp Nou. Tak hanya itu, Barca juga memasukkan klausul rilis sebesar 300 juta euro untuknya.

Maia lahir di Brasilia, dan ia pindah ke Sao Paulo pada usia 14 tahun. Ia harus menjalani tiga trial berbeda untuk menembus akademi Sao Paulo FC, dan sejak itu ia berhasil bermain impresif berkat kecepatannya, keterampilannya, dan kemampuannya bermain di banyak posisi.

Meskipun Maia kuat di kaki kanan, posisi favoritnya adalah di sisi kiri penyerangan, membuatnya sering bermain menusuk ke dalam, seperti gaya bermain legenda Barcelona dan LaLiga, David Villa. Meskipun begitu, ia telah menunjukkan bahwa ia dapat bermain di berbagai posisi di lini serang. Ia adalah contoh pemain yang disukai oleh Barcelona dalam beberapa tahun terakhir.



TahunPrestasi/Trofi
2016Copa Brasil Votorantim U-15
2017Aspire Tri-Series U-16
2017Taça BH U-17
2017Salvador Cup U-17
2017Copa Ouro U-17
2018FAM Cup U-17
2018J-League Challenge Cup U-17

Di level internasional, catatan Maia cukup produktif. Ia memenangi tujuh trofi bersama tim muda Brasil – Copa Brasil Votorantim U-15 di tahun 2016, Aspire Tri-Series U-16, Taça BH U-17, Salvador Cup U-17, Copa Ouro U-17 pada tahun 2017, FAM Cup U-17, dan J-League Challenge Cup U-17 di tahun 2018. Tahun 2018 adalah tahun terproduktif Maia, dimana ia mencatatkan 30 gol dalam 36 pertandingan.

Ia lalu berpartisipasi di Copinha, sebuah turnamen anak muda di Sao Paulo, dan kembali memukau para pencari bakat. Ia mencetak gol luar biasa ketika melawan Coritiba, dimana ia menerima dan mengontrol bola dengan dadanya, lalu menendangnya dari jarak jauh dengan teknik setengah tendangan voli. Ia lalu dinominasikan dalam penghargaan Prêmio Dener, penghargaan untuk gol terbaik dalam turnamen tersebut. (Baca Juga: Tersihir Permainan Barcelona)

Meskipun Maia belum pernah mencatatkan penampilan untuk tim senior Sao Paulo FC, ia menghabiskan sisa musimnya untuk berlatih bersama tim senior Sao Paulo FC, dan bahkan sempat masuk ke susunan tim sebagai pemain cadangan. Ia menghabiskan sisa musimnya dengan berlatih dengan beberapa pemain dengan pengalaman di LaLiga, seperti Juanfran, Alexandre Pato, dan Dani Alves.

Lalu, ketika Maia akan menjalani debutnya bersama tim senior, pandemi virus korona merebak. Maia lalu tak sempat menjalani debutnya bersama tim senior Sao Paulo FC, tapi ia telah berlatih keras dalam beberapa bulan terakhir bersama pelatih pribadi, dan ia juga sedang mengambil kursus bahasa Spanyol juga untuk mempersiapkan kepindahannya ke Spanyol.

Setelah didatangkan oleh Barcelona, Maia akan bermain bersama tim Barça B di kasta ketiga sepak bola Spanyol, dan ia akan menjadi pemain Brasil ke-31 yang membela Blaugrana di LaLiga Santander dalam waktu dekat. (Lihat Video: Man City Yakin Singkirkan Madrid, Saatnya Dovi Juara)
(mirz)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top