Gervonta Davis Raja Kelas Ringan WBA, Juara Super Devin Haney Dicopot

Selasa, 02 Januari 2024 - 08:28 WIB
loading...
Gervonta Davis Raja Kelas Ringan WBA, Juara Super Devin Haney Dicopot
Gervonta Davis raja kelas ringan WBA setelah status juara super Devin Haney dicopot di awal tahum 2024. Tahun baru 2024 dimulai dengan berkurangnya satu sabuk WBA / Foto: Boxing-social
A A A
Gervonta Davis raja kelas ringan WBA setelah status juara super Devin Haney dicopot di awal tahum 2024. Tahun baru 2024 dimulai dengan berkurangnya satu sabuk WBA.

Devin Haney secara resmi dicopot sebagai juara kelas ringan 'Super' WBA dalam pembaruan peringkat terbaru dari badan sanksi yang dipublikasikan pada hari Selasa. Gervonta Davis kini menjadi satu-satunya pemegang gelar WBA yang diakui di kelas tersebut, setelah sebelumnya memegang status WBA 'Reguler'.

Langkah ini sudah diperkirakan sebelumnya, ketika Devin Haney (31-0, 15KO) menyatakan pada akhir November lalu bahwa ia siap untuk meninggalkan gelar juara dunia kelas ringan untuk berkompetisi sepenuhnya di kelas ringan super. Pengumuman ini dibuat sebelum kemenangannya dalam perebutan gelar juara WBC kelas 63,5 kg atas Regis Prograis.



Devin Haney memberikan penampilan yang luar biasa dalam acara DAZN Pay-Per-View tanggal 9 Desember dari Chase Center di kota kelahirannya, San Francisco, California. Terlepas dari pernyataannya sebelumnya, Devin Haney masih merupakan juara kelas ringan 'Super' WBA yang diakui berdasarkan peringkat WBA pada tanggal 1 Desember dan menuju pertarungannya melawan Regis Prograis.

Gervonta 'Tank' Davis dari Baltimore (29-0, 27KO) belum memberikan komentar secara terbuka tentang status barunya sebagai pemegang gelar penuh. Satu-satunya berita terbaru yang melibatkan pemegang gelar dua divisi dan superstar tinju ini adalah perpindahan agama yang dilakukannya baru-baru ini, dan ia memilih nama Abdul Wahid ("Hamba Yang Maha Esa") setelah menerima Islam.

Perkembangan pada hari Senin ini hampir tidak mengubah banyak hal bagi Davis, yang saat ini mempertahankan gelarnya setelah menang KO pada ronde kedua belas Desember 2019 atas Yuriorkis Gamboa. Satu-satunya perubahan yang nyata adalah tidak adanya gelar utama di depan sabuknya, yang berarti ia bebas untuk menyatukan divisi ini lebih jauh lagi jika itu adalah jalan yang ia pilih.



Satu-satunya pemegang gelar kelas ringan yang masih aktif adalah Shakur Stevenson, yang merebut sabuk WBC yang masih lowong dengan kemenangan angka mutlak selama 12 ronde atas Edwin De Los Santos pada 16 November lalu di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada. Sabuk IBF dan WBO saat ini masih kosong. Sabuk IBF kemungkinan besar akan dipertaruhkan dalam pertarungan antara Vasiliy Lomachenko-George Kambosos yang ditargetkan untuk musim semi ini.

Denis Berinchyk kemudian akan menjadi kandidat terdepan untuk memperebutkan gelar WBO yang masih kosong melawan lawan yang belum ditentukan. Davis belum pernah bertanding lagi sejak menang KO pada ronde ketujuh atas Ryan Garcia (24-1, 20KO) pada 22 April lalu di T-Mobile Arena.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)