6 Pertarungan Tinju Paling Mengguncang Jagat Tinju di Tahun 2023

Jum'at, 05 Januari 2024 - 05:55 WIB
loading...
A A A
Eubank yang berasal dari Brighton sempat bangkit, namun ia tidak pernah dapat kembali berdiri sebelum Smith yang berasal dari Liverpool kembali menjatuhkannya ke atas kanvas dan wasit Victor Loughlin pun menghentikan laga. Eubank (33-3, 24 KO) membalas kekalahannya dalam pertandingan ulang mereka pada 2 September di AO Arena, di mana ia mendominasi Smith (33-4-1, 20 KO) untuk meraih kemenangan KO pada ronde ke-10 melalui technical knockout.

3. Brian Mendoza Kalahkan Sebastian Fundora
Enam ronde pertama dalam laga ini berlangsung sesuai dengan prediksi 9-1. Mendoza kalah angka pada dua kartu penilaian (60-54, 60-54) dan memenangkan satu ronde pada kartu penilaian lainnya (59-55) saat mereka memasuki ronde ketujuh yang menentukan pada tanggal 8 April di Dignity Health Sports Park, Carson, California.

Saat itulah, Mendoza yang berasal dari Albuquerque menghantam pwtinju kidal berpostur 198 cm itu dengan hook kiri dan dengan cepat, ia melanjutkan dengan kombinasi kanan-kiri yang menjatuhkan Fundora (20-1-1, 13 KO. Petinju asal Coachella, California, ini tak dapat bangkit dan wasit Ray Corona pun menghentikan laga. Mendoza (22-3, 16 KO) memenangkan gelar juara sementara kelas welter super WBC dan memposisikan dirinya untuk menantang juara kelas menengah junior WBO, Tim Tszyu, pada pertarungan berikutnya.



4. Zhilei Zhang Permalukan Joe Joyce
Joyce yang berasal dari London tak terkalahkan dan merupakan penantang wajib untuk gelar kelas berat WBO milik Oleksandr Usyk saat berhadapan dengan Zhang pada tanggal 15 April di Copper Box Arena, London. Zhang yang memiliki tinggi badan 198 cm dan berat badan 126 kg terus menerus menghujani Joyce yang memiliki pertahanan lemah dengan pukulan kiri yang akhirnya menutup mata kanannya pada ronde keenam, yang membuat wasit Howard Foster menghentikan pertarungan mereka.

Joyce (15-2, 14 KO) menggunakan klausul pertandingan ulang dalam kontraknya, namun Zhang (26-1-1, 21 KO) asal Tiongkok berhasil menjatuhkannya lebih awal pada laga kedua mereka. Sebuah hook kanan Zhang menjatuhkan Joyce pada akhir ronde ketiga, 23 September lalu di OVO Arena Wembley, London.

5. Agit Kabayel Kalahkan Arslanbek Makhmudov
Petinju Jerman, Agit Kabayel, memasuki ring tanpa terkalahkan pada tanggal 21 Desember di Kingdom Arena, Riyadh, Arab Saudi. Makhmudov dari Rusia, yang dianggap sebagai pemukul yang lebih besar, masih menjadi favorit 14-1 untuk memenangkan pertarungan antara petinju kelas berat yang tak terkalahkan dalam pertandingan antara Anthony Joshua dan Otto Wallin.

Namun, kecepatan dan akurasi Kabayel merepotkan lawannya yang lebih tinggi dan lebih berat, dan membuat Kabayel (24-0, 16 KO) mampu menjatuhkan Makhmudov tiga kali, semuanya dengan pukulan ke arah tubuh, pada ronde keempat. Wasit Steve Gray menghentikan ronde ke-10 mereka setelah Makhmudov (18-1, 17 KO) terjatuh untuk ketiga kalinya, pada menit 2:03 ronde keempat.

6. Joseph Parker Hancurkan Deontay Wilder
Wilder dari Alabama secara konsisten diunggulkan dengan selisih 7-1 untuk mengalahkan Parker dan melaju ke pertarungan yang telah lama dinantikan dengan Joshua. Setelah bertinju kurang dari satu ronde dalam dua tahun terakhir, sang pencetak KO ini tidak pernah melepaskan pukulannya, mewaspadai kekuatan Parker dan tidak mampu mengatasi perlawanan dari mantan juara WBO yang oportunis ini.

Parker yang berasal dari Selandia Baru (34-3, 23 KO) memenangkan pertarungan 12 ronde mereka dengan sangat meyakinkan di atas kertas pada tanggal 21 Desember di Riyadh, para pengkritik Wilder (43-3-1, 42 KO) mengatakan bahwa mantan juara WBC berusia 38 tahun ini terlihat seperti sudah tidak ingin bertarung lagi. Sementara itu, Parker, meremajakan karirnya dan menempatkan dirinya dalam posisi untuk mengamankan pertarungan penting lainnya hampir 15 bulan setelah Joyce menjatuhkannya di ronde ke-11.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)