Juara Under 21 Piala Mendagri Diikutkan Seleksi Asian Games

Sabtu, 24 Maret 2018 - 17:34 WIB
Juara Under 21 Piala Mendagri Diikutkan Seleksi Asian Games
Juara Under 21 Piala Mendagri Diikutkan Seleksi Asian Games
A A A
PALU - PB Forki akan mengikutsertakan para juara nomor Under 21 hasil Kejuaraan Piala Mendagri 2018 di Palu, Sulawesi Tengah, 23-25 Maret, ke seleksi Asian Games 2018. Itu dilakukan agar persaingan seleksi menjadi lebih ketat dan Forki bisa memperoleh atlet mumpuni untuk diterjunkan di Asian Games 2018, Agustus mendatang.

Sejauh ini Forki mempunyai 19 karateka yang tengah menempa diri di Pelatnas Ciloto. Kesembilan belas karateka tersebut merupakan hasil seleksi tahap pertama di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, 10 Maret lalu. Termasuk Ivan Fairuz Taher yang di Piala Mendagri 2018 Palu meraih medali emas nomor kata perseorangan putra junior. Sementara delapan karateka lainnya yang tereliminasi sudah dikembalikan ke daerah masing-masing.

Ke-19 karateka itu akan kembali menjalani seleksi tahap kedua pada 21 Juni mendatang, termasuk menghadapi para juara nomor under 21 hasil Piala Mendagri Palu. Seleksi ini juga guna memenuhi deadline entry by name Asian Games pada 30 Juni mendatang.

"Jadi, para juara nomor under 21 akan diikutkan utk seleksi Asian Games mendatang. Ini kesempatan bagus bagi karateka di luar pelatmas untuk ikut bersaing menuju Asian Games," ujar Ketua Umum PB Forki Gatot Nurmantyo saat memberikan pengarahan kepada para karateka peserta Kejurnas Piala Mendagri dari 33 provinsi.dan 20 perguruan di Gedung Serbaguna Universitas Tadulako, Palu, tadi siang (24/3).

Mantan Panglima TNI ini menilai bahwa kejuaraan Piala Mendagri ini adalah metode pembinaan yang bagus guna mengetahui sejauh mana atlet berlatih dan sejauh mana kemampuan pelatih mentransformasikan ilmunya kepada sang atlet. Sebab di event yang dibuka Mendagri Tjahjo Kumolo pada Jumat (23/3) itulah para karateka bisa menunjukkan kualitas bertarungnya setelah lama berlatih.

Oleh karena itu hasil Piala Mendagri menjadi salah satu rujukan keikutsertaan atlet dalam seleksi ajang multievent Asian Games. "Para juara di sini tentu tidak berlatih biasa sebelum ke Piala Mendagri. Tapi pasti latihan yang luar biasa," ujar Gatot.

Yang jelas, dengan munculnya para juara Under 21 Piala Mendagri Palu, persaingan seleksi tahap kedua Asian Games 2018 pastinakan lebih ketat.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7041 seconds (0.1#10.140)