Marselino Ferdinan: Gol Kedua Irak Ganggu Mental Pemain Timnas Indonesia

Rabu, 17 Januari 2024 - 06:06 WIB
loading...
Marselino Ferdinan: Gol Kedua Irak Ganggu Mental Pemain Timnas Indonesia
Marselino Ferdinan mengakui bahwa gol kedua Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 mengganggu mental pemain Timnas Indonesia / Foto: x/@nuansa_djo
A A A
Marselino Ferdinan mengakui bahwa gol kedua Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 mengganggu mental pemain Timnas Indonesia . Akibatnya, Skuad Garuda harus menyerah 1-3 di Stadion Ahmad bin Ali, Senin (15/1/2024).

Gol kontroversi itu dicetak Osama Rashid di menit 45+7'. Pasalnya, sebelum Rashid menjebol gawang Ernando Ari, satu pemain Irak yakni Mohanad Ali sudah dalam posisi offside.

Tantashev Ilgiz selaku wasit yang memimpin jalannya pertandingan pun sempat melakukan pengecekan lewat VAR. Anehnya, wasit asal Uzbekistan itu tetap mengesahkan gol yang dicetak Rashid. Walaupun terlihat secara jelas bahwa gol tersebut sudah berbau offside.



Marselino mengakui kalau sejatinya kekuatan Irak mampu diredam oleh para pemain Timnas Indonesia. Namun setelah gol kontroversi itu, mental para pemain pun goyah sehingga berdampak pada permainan mereka.

"Kami tahu Irak tampil luar biasa, kami juga mengantisipasi semuanya. Tetapi balik lagi terjadi gol kedua, itu merubah semua mental, permainan dan lain-lain," kata Marselino di instagram resmi Timnas Indonesia, Selasa (16/1/2024).

Buntut dari kontroversi itu, Endri Erawan selaku manajer Timnas Indonesia telah melayangkan surat protes ke pihak AFC. Pasalnya, Skuad Garuda merasa dirugikan karena kepemimpinan wasit. Diharapkan, insiden seperti ini tidak lagi terjadi pada pertandingan lainnya.



Sementara itu, kekalahan dari Irak membuat jalan Timnas Indonesia untuk melaju ke babak 16 besar semakin terjal. Skuad Garuda saat ini sedang menghuni posisi terakhir atau empat di papan klasemen sementara Grup D Piala Asia 2023.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi rivalnya yakni Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024). Skuad Garuda wajib meraih kemenangan atas tim berjuluk The Golden Stars Warriors ini jika ingin menjaga asa lolos 16 besar.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)