Wasit Inggris Nyaris Buta Ditinju Pesepak Bola Amatir

loading...
Wasit Inggris Nyaris Buta Ditinju Pesepak Bola Amatir
Wasit Inggris Nyaris Buta Ditinju Pesepak Bola Amatir. Foto: Repro/Tangkapan Layar
A+ A-
LONDON - Nasib sial dialami Satyam Toki. Wasit asal Inggris itu nyaris mengalami kebutaan dan gegar otak kiri akibat ditinju pemain sepak bola di liga amatir.

Satyam Toki, 28 tahun, mendapat perawatan intensif setelah menerima tiga pukulan di bagian wajah, ketika memimpin pertandingan sepak bola amatir di London. Kejadian bermula ketika sang pemain sekaligus pelaku tidak menerima keputusannya. (Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah)

Hari nahas itu terjadi saat Toki memimpin pertandingan persahabatan antara NW London FC (divisi Premier Middlesex, divisi 11) melawan Sporting Club de Mundial (Sunday League). Pada menit ke-42, wasit kelahiran India menghukum seorang pemain Mundial dengan kartu kuning menyusul adanya pelanggaran.

Tak terima dengan keputusan itu, seorang pemain Mundial yang lain memukul Toki di bagian wajah sebanyak tiga kali hingga pelipisnya robek. Beruntung pemain lain tidak terprovokasi, justru menghentikan serangan tersebut dan memanggil ambulans serta polisi.

Akibat insiden tersebut, Toki mendapat beberapa jahitan di bagian wajah. Toki diberi tahu pihak medis bahwa dirinya beruntung karena tidak mengalami kebutaan atau gegar otak kiri akibat pukulan yang mendarat di wajahnya.

“Saya dibayar 40 pound (sekitar Rp769 ribu, red) untuk satu pertandingan, dan ini semua tidak setimpal. Saya kapok jadi wasit lagi,” kata Toki dikutip Daily Mail.



Toki semula tidak ingin mengajukan tuntutan hukum atas serangan tersebut. Namun, setelah berdiskusi dengan sesama wasit, Toki menuntut si pelaku dengan harapan tidak ada “pembunuh” berkeliaran di lapangan hijau.

“Tadinya saya pikir tak perlu mengajukan tuntutan, tapi rekan-rekan sesama wasit mendorong saya agar tidak ada pembunuh berkeliaran di lapangan hijau. Besok-besok bisa saja dia membawa pisau dan menikam wasit lain,” kata Toki.

Penelitian teranyar di Inggris menyebut sekitar 18,9 persen dari 2.056 wasit yang diwawancara mengaku pernah mengalami kekerasan fisik ketika memimpin pertandingan. (Baca Juga: Pingsan Diinjak Pemain Bola Turnamen Amatir, Wasit Ini Akan Lapor Polisi)
(bbk)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top