6 Fakta Menarik Olimpiade Paris 2024 yang Ramah Lingkungan

Rabu, 31 Januari 2024 - 08:08 WIB
loading...
6 Fakta Menarik Olimpiade Paris 2024 yang Ramah Lingkungan
Olimpiade Paris 2024 menjadi ajang yang penuh semangat, persaingan, dan kegembiraan. Pesta olahraga ini berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus / Foto: WWD
A A A
Olimpiade Paris 2024 menjadi ajang yang penuh semangat, persaingan, dan kegembiraan. Pesta olahraga ini berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus.

Pesta olahraga terbesar di dunia ini diikuti lebih dari 10.500 atlet dari 206 Komite Olimpiade Nasional serta mempertandingkan 32 cabang olahraga dan 306 nomor pertandingan.

Dalam rangka menyambut kejuaraan olahraga yang paling bergengsi ini, terdapat beberapa fakta menarik yang perlu diketahui tentang Olimpiade Paris 2024.


Berikut adalah Enam Fakta yang Bikin Olimpiade 2024 istimewa:

1. Seratus Tahun Olimpiade Paris 1924

Pada tahun 2024, kota Paris akan kembali menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas untuk ketiga kalinya setelah tahun 1900 dan 1924, dan menjadi kota kedua setelah London yang mencapai prestasi ini.

Namun demikian, Olimpiade 2024 akan menjadi yang keenam di Prancis. Selain tiga Olimpiade Musim Panas yang telah disebutkan, Prancis juga menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin sebanyak tiga kali, yakni di Chamonix pada tahun 1924, Grenoble pada tahun 1968, dan Albertville pada tahun 1992.

2. Penambahan Cabang Olahraga

Dalam Olimpiade Paris 2024, pihak penyelenggara menambahkan standar baru agar permainan dapat inklusif, seimbang gender, dan berpusat pada remaja. Oleh karena itu, tahun ini, terdapat empat cabang olahraga baru yang terkait erat dengan pemuda dan menghargai kreativitas dan kinerja atletik. Olahraga tersebut adalah break dancing, olah raga panjat tebing, skateboarding, dan selancar.

Dengan menambahkan acara-acara ini ke dalam Olimpiade, diharapkan dapat menginspirasi jutaan anak untuk mulai berolahraga.

3. Lambang Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Pertama kalinya kedua acara besar, yaitu Olimpiade dan Paralimpiade menggunakan lambang yang sama. Lambang ini memiliki tiga gambar yang penting, yaitu medali emas, api, dan Marianne yang merupakan simbol dari revolusi dan representasi rakyat Prancis yang dihormati.

Secara keseluruhan, lambang ini dianggap sebagai 'wajah' Olimpiade Paris 2024 dan memadukan semua elemen penting dari acara tersebut.

4. Olimpiade Pertama yang Mencapai Kesetaraan Gender

Pada Olimpiade Paris 2024, akan terjadi sejarah baru terkait kesetaraan gender dalam dunia olahraga. Dalam acara olahraga bergengsi ini, jumlah peserta pria dan wanita akan sama, dengan 5.250 atlet pria dan 5.250 atlet wanita.

Selain itu, pihak penyelenggara juga berkomitmen untuk mengubah nama fasilitas olahraga dengan menggunakan nama-nama perempuan terkemuka, menanggulangi ketidakseimbangan saat ini di mana hanya satu persen fasilitas olahraga di Prancis yang diberi nama perempuan.

5. Olimpiade yang Ramah Lingkungan

Paris 2024 akan menjadi Olimpiade pertama yang berkomitmen pada Perjanjian Iklim Paris. Hal tersebut dilakukan dengan menghadirkan teknologi inovatif yang berpegang pada prinsip keberlanjutan. Misalnya, aplikasi untuk pengunjung berjanji untuk menanam pohon berdasarkan skor yang didapat, membagikan gelang yang berfungsi untuk banyak hal, perkampungan Atlet yang didesain menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan.

6. Menggabungkan Ikon kota Paris

Olimpiade Paris 2024 akan menjadi pesta olahraga yang menakjubkan di mana lokasi acara ini diadakan di tempat-tempat ikonik kota Paris, seperti Sungai Seine, Menara Eiffel, hingga Trocadéro.

Pada upacara pembukaan misalnya. Setiap delegasi akan melintasi Sungai Seine dengan perahu sampai ke Trocadéro. Dalam acara bola voli, penonton juga dapat menyaksikan Menara Eiffel tepat di luar ruangan. Selain itu, di area Trocadéro, penonton bisa melihat pemandangan kota dan menyaksikan acara seperti triatlon, balap sepeda, dan maraton dari ketinggian.

Itulah enam fakta menarik tentang Olimpiade Paris 2024 yang akan membuat pesta olahraga terbesar di dunia ini menjadi lebih istimewa. Pesta olahraga ini juga akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi para atlet, penonton, dan seluruh dunia. Jangan lupa untuk menyaksikan dan mendukung atlet-atlet kebangganmu ya!

MG/Dinda Amelia Putri
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)