Kisah Tragis Gerald McClellan: Cedera Otak Akibat Duel Brutal Membuatnya Lumpuh Layu

Senin, 19 Februari 2024 - 09:27 WIB
loading...
Kisah Tragis Gerald McClellan: Cedera Otak Akibat Duel Brutal Membuatnya Lumpuh Layu
Kisah tragis Gerald McClellan: cedera otak akibat duel brutal melawan Nigel Benn yang mengubah hidup sang juara menjadi lumpuh / Foto: The Sun
A A A
Kisah tragis Gerald McClellan: cedera otak akibat duel brutal melawan Nigel Benn yang mengubah hidup sang juara menjadi lumpuh. Kisah bagaimana pertarungan paling brutal di Inggris antara Gerald McClellan melawan Nigel Benn membuat mantan juara ini mengalami cedera yang mengubah hidupnya.

Buntut dari pertarungan paling brutal dalam sejarah tinju Inggris tidak akan pernah terlupakan. Gerald McClellan adalah perwujudan nyata dan pengingat brutal akan bahaya tinju - yang terlalu sering dilupakan.

Petinju kelas menengah Amerika ini berada di puncak kekuatannya pada awal tahun sembilan puluhan dan, pada saat itu, dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu petinju terbaik di planet ini. Juara kelas menengah dua kali ini adalah seorang pemukul yang ganas, yang memenangkan 29 dari 31 kemenangannya melalui KO atau technical knockout.



McClellan naik kelas pada bulan Februari 1995 untuk menantang Nigel Benn demi gelar kelas menengah super WBC dalam upaya untuk menjadi juara dunia dua kelas. Hidupnya, dan orang-orang yang dicintainya, tidak akan pernah sama lagi setelah apa yang terbukti menjadi malam yang menentukan di London.

Upaya McClellan untuk menjadi juara dengan berat badan 76,2 kilogram dimulai dengan baik saat ia menjatuhkan Benn di tali ring pada ronde pertama dan menegaskan dominasinya pada ronde-ronde awal berikutnya, baku hantam yang diperkirakan banyak orang terjadi di antara kedua pemukul keras ini, dengan momentum yang berpindah ke arah Benn pada ronde keempat, kelima, dan keenam.

Dan pada ronde-ronde itulah McClellan menunjukkan tanda-tanda bahwa ia mengalami cedera otak traumatis. McClellan mengalami kesulitan untuk mempertahankan pelindung matanya dan akan mengalami serangan kedipan yang berlebihan saat ia mundur dari Benn.



Kisah Tragis Gerald McClellan: Cedera Otak Akibat Duel Brutal Membuatnya Lumpuh Layu

Foto: The Sun

Seandainya para wasit, pelatih dan ofisial di pinggir ring mengetahui apa yang kita ketahui sekarang tentang trauma otak dan CTE, pertarungan itu pasti akan dihentikan. Namun, tragisnya, laga ini berlanjut - dengan McClellan bangkit pada ronde kedelapan dan menjatuhkan The Dark Destroyer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9223 seconds (0.1#10.140)