Kenapa Fajar/Rian Cuma Ikuti 2 Turnamen di Tur Eropa?

Kamis, 22 Februari 2024 - 06:03 WIB
loading...
Kenapa Fajar/Rian Cuma Ikuti 2 Turnamen di Tur Eropa?
Kenapa Fajar/Rian Cuma Ikuti 2 Turnamen di Tur Eropa? Foto: IST
A A A
JAKARTA - Kepala pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat, mengungkapkan bahwa Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hanya akan mengikuti dua turnamen pada rangkaian tur Eropa mendatang. Lain cerita dengan dua ganda putra lainnya yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sebagaimana diketahui, rangkaian tur Eropa akan segera dimulai. Tercatat ada enam turnamen yakni German Open, French Open, Orleans Masters, All England, Swiss Open, dan ditutup dengan Spain Masters.



Di mana dari enam turnamen tersebut, Fajar/Rian diproyeksikan untuk turun di dua ajang saja yakni French Open (Super 750) dan All England (Super 1000). Dengan alasan, dua ajang itu memiliki level turnamen yang besar. Sebab, akan sangat berpengaruh pada koleksi poin Fajar/Rian menuju Olimpiade Paris 2024.

“Untuk tur Eropa kan ada Jerman, Prancis, All England, Swiss, dengan Spain. Untuk Fajar/rian kita turunkan di turnamen Prancis dan All England,” kata Aryono kepada wartawan termasuk MNC Portal Indonesia di Pelatnas PBSI Cipayung, Rabu (21/2/2024).

“Karena apa? Karena kalau pun dia ikut di Jerman atau Swiss, atau di Spain itu poinnya tidak akan merubah untuk olimpiknya, karena kan poinnya terkecil dia tuh di 5000an lebih ya, jadi kalau pun itu tidak akan merubah. Jadi kita ambil turnamen yang poinnya besar di Perancis dan juga di All England,” sambungnya.

Sementara untuk Bagas/Fikri dan Leo/Daniel diproyeksikan mengikuti tiga turnamen yakni French Open, All England, dan Swiss Open. Aryono memproyeksikan dua pasangan itu di tiga ajang tersebut guna mengumpulkan poin menuju Olimpiade Paris 2024. Kedua pasangan anyar Tanah Air itu sengaja tidak diturunkan pada Spain Masters untuk menjaga fokusnya.

“Untuk Bagas/Fikri dan Leo/Daniel, dia ambil di France, All England, dan Swiss. Karena poin dia masih yang terkecil itu sekitar di 4.000-an. Jadi masih memungkinkan kalau poin di turnamen 300, juara satu nya kan kalau juara 7.000 jadi masih bisa ambil poin,” tutur Ariono.

“Tapi kenapa enggak ke Spain? Karena Kita pikir kalau turnamenya terlalu banyak juga konsentrasi dia akan turun, stamina juga turun, jadi kita akan maksimalkan di tiga turnamen itu,” tambahnya.

Sekadar diketahui, Fajar/Rian saat ini sedang duduk di posisi delapan pada klasemen sementara kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Sementara Bagas/Fikri di posisi 10 dan Leo/Daniel di urutan 11.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)