Seberapa Kuat dan Cepat Pukulan Muhammad Ali di Ring Tinju?

Rabu, 28 Februari 2024 - 06:06 WIB
loading...
Seberapa Kuat dan Cepat Pukulan Muhammad Ali di Ring Tinju?
Muhammad Ali telah menjadi legenda hidup dalam sejarah tinju. Seakan tak lekang oleh zaman, sosoknya selalu menarik untuk diperbincangkan penggemar tinju / Foto: Neil Leifer
A A A
Muhammad Ali telah menjadi legenda hidup dalam sejarah tinju. Seakan tak lekang oleh zaman, sosoknya selalu menarik untuk diperbincangkan penggemar tinju .

Lahir dengan nama asli Cassius Marcellus Clay Jr pada 17 Januari 1942, Ali telah tumbuh menjadi salah satu petinju paling terkenal dan dihormati sepanjang masa. Tak terlepas dari segala popularitas dan kesuksesannya di ring tinju, ada banyak hal menarik yang bisa diketahui dari sosok berjuluk The Greatest ini. Misalnya, kekuatan pukulannya ketika bertarung.

Bagi sebagian petinju, kekuatan pukulan menjadi salah satu aspek penting yang mendukung kemampuannya di atas ring. Lantas, seberapa kuat pukulan Muhammad Ali ketika saling beradu dengan lawannya?


Seberapa Kuat dan Cepat Pukulan Muhammad Ali?


Muhammad Ali menjadi salah satu pengecualian langka dari juara kelas berat yang menjadi perhatian dalam sejarah tinju. Hal ini berkaitan dengan kemampuan serba bisa yang dimilikinya ketika bertarung.

Sayangnya, pukulan kuat bukanlah senjata paling mengerikan dari Muhammad Ali. Ia memang punya pukulan keras, namun kecepatan, ketepatan, kelincahan, dan kharismanya lah yang telah menjadikannya sebagai salah satu petinju terhebat dalam sejarah.

"Melayang seperti kupu-kupu dan menyengat seperti lebah," kalimat tersebut menjadi salah satu yang paling ikonik dari Muhammad Ali. Bukan sekadar omong kosong, kata-kata tersebut memang telah terbukti.



Mengutip laman GiveMeSport, Brian London menjadi salah satu petinju yang pernah merasakan ‘sengatan’ dari Muhammad Ali di ring. Singkatnya, ia sempat menerima kombinasi pukulan tercepat dan paling brutal dari The Greatest.

Sekitar 6 Agustus 1966, London bertarung melawan Ali dalam perebutan gelar kelas berat. Ali yang waktu itu memiliki rekor 24-0 tampil apik dan menjatuhkan London di ronde ketiga.

Waktu itu, Ali bisa menyelesaikan pertandingan dengan serangkaian pukulan cepat yang menunjukan kecepatan tangan luar biasa. Bayangkan saja, dua belas pukulan dalam waktu 2,8 detik, termasuk pukulan ke-10 yang menjadi penentu kemenangannya.

Pertarungan Muhammad Ali di atas menjadi salah satu contoh mengerikannya kekuatan The Greatest di ring. Meski tak menjadi petinju dengan pukulan terkuat dalam sejarah, setidaknya Ali akan bisa masuk jajaran teratas dalam kategori pemberi pukulan tercepat yang mengerikan.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)