3 Alasan Shin Tae yong Pilih Arkhan Fikri ketimbang Stefano Lilipaly

Kamis, 21 Maret 2024 - 09:09 WIB
loading...
3 Alasan Shin Tae yong Pilih Arkhan Fikri ketimbang Stefano Lilipaly
Pemanggilan Arkhan Fikri ke Skuad Timnas Indonesia ketimbang Stefano Lilipaly kembali menuai sorotan penggemar sepak bola di Tanah Air. Sebenarnya ada apa dengan Shin Tae-yong? / Foto: Kolase
A A A
Shin Tae-yong telah memutuskan pemain yang dibawa saat Timnas Indonesia vs Vietnam dalam lanjutan fase Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024). Setiap daftar nama pemain dibeberkan pasti menimbulkan polemik.

Polemik kali ini ketika Shin Tae-yong memanggil Arkhan Fikri ketimbang Stefano Lilipaly . Keputusan ini tentunya sangat mengejutkan mengingat sebelumnya pemain Arema FC ini tak masuk dalam daftar 28 nama yang dibawa Timnas Indonesia.

Karena hal ini juga Arkhan belum mempersiapkan apapun untuk memperkuat Timnas Indonesia setelah mendapat libur jeda kompetisi Liga 1 2023-2024. Kini dirinya harus mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Jakarta.



Keputusan ini dibuat mendadak oleh STY setelah Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Yance Sayuri dikabarkan absen dalam laga penting tersebut. Dipanggilnya Arkhan Fikri seakan memagari langkah Stefano Lilipaly untuk masuk ke Skuad Timnas Indonesia.

Hal ini sebenarnya bukanlah hal baru karena Lilipaly belakangan memang jarang dipanggil Shin Tae yong untuk perkuat tim Garuda. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa pemain Borneo FC ini tak kembali dipanggil STY.


3 Alasan Shin Tae yong Pilih Arkhan Fikri ketimbang Stefano Lilipaly

1. Faktor Usia


Salah satu alasan mengapa Arkhan Fikri lebih dipilih Shin Tae yong ketimbang Stefano Lilipaly kemungkinan besar karena faktor usia. Mengingat Arkhan saat ini masih baru menginjak usia 19 tahun sedangkan Lilipaly sudah memasuki usia 34 tahun.

Faktor usia ini menjadi pertimbangan karena Shin Tae yong memang telah dikenal sebagai pelatih yang suka mengembangkan bakat-bakat muda. Terlebih pemain muda memang dinilai lebih menjanjikan di masa depan.

Dengan memberi kesempatan lebih banyak memperkuat timnas bagi bakat-bakat muda tentulah bisa jadi prospek bagus untuk membangun skuad Garuda di masa depan.

2. Kondisi Fisik Lilipaly dianggap Kurang


Alasan ini diungkapkan sendiri oleh Shin Tae yong ketika mencoret nama Stefano Lilipaly dari skuad yang disiapkan untuk Piala Asia 2023 lalu.

Menurut pelatih timnas itu, pemain yang kerap beroperasi di lini sayap itu tak terpilih karena kondisi fisik pemain yang dianggap kurang mampu bersaing di level Asia.

3. Lebih Membutuhkan Gelandang Ketimbang Winger


Kemungkinan terakhir mengapa Shin Tae yong lebih memilih Arkhan Fikri dari Lilipaly adalah karena timnas lebih membutuhkan sosok gelandang tengah ketrimbang pemain sayap.

Mengingat timnas Indonesia saat ini memang telah dihuni oleh sejumlah pemain sayap mumpuni seperti Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana, dan Rafael Struick. Dengan banyaknya opsi sayap tersebut tentunya akan membuat nama Lilipaly tidak akan mendapat tempat.

Sedangkan untuk lini tengah, hanya terdapat nama Marc Klok, Ricky Kambuaya, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, dan Tom Haye. Hal ini membuat timnas kekurangan satu nama pelapis untuk lini tengah.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)