6 Fakta Menarik Oleksandr Usyk: Pernah Jadi Pesepak Bola hingga Angkat Senjata Bela Ukraina

Sabtu, 30 Maret 2024 - 11:11 WIB
loading...
6 Fakta Menarik Oleksandr Usyk: Pernah Jadi Pesepak Bola hingga Angkat Senjata Bela Ukraina
Oleksandr Usyk merupakan petinju yang sudah tidak asing di telinga penggemar. Berkat kekejamannya di atas ring, dia sukses jadi salah satu petinju kelas berat paling disegani saat ini / Foto: Usyk. The Cat. Oleksandr (@usykaa)
A A A
Oleksandr Usyk merupakan petinju yang sudah tidak asing di telinga penggemar. Berkat kekejamannya di atas ring, dia sukses jadi salah satu petinju kelas berat paling disegani saat ini.

Usyk lahir pada 17 Januari 1987 di Simferopol, Oblast Krimea, SSR Ukraina. Ayah Usyk adalah seorang perwira militer sedangkan ibunya merupakan mantan pekerja konstruksi.

Selain beberapa fakta di atas, masih banyak fakta menarik yang berkaitan dengan petinju yang belum terkalahkan di kelas berat ini. Berikut beberapa fakta menarik Oleksandr Usyk.


6 Fakta Menarik Oleksandr Usyk

1. Pernah Jadi Pesepak Bola

Dilansir dari Discover Walks, ketika masih belia Usyk sudah fokus pada sepak bola. Dia bermain sepak bola asosiasi dan berlatih di sekolah olahraga khusus Olimpiade SC Tavriya Simferopol.

Oleksandr Oleksandrovych Usyk bermain sepak bola hingga usia 12 tahun. Hingga pada tahun 2002, ia memutuskan untuk beralih karier dan menjadi petinju.


2. Memiliki Karier Amatir Sempurna

Oleksandr Usyk memulai karir amatirnya pada tahun 2006. Dirinya sukses memenangkan emas di kejuaraan Eropa 2008 dan pindah ke kelas berat. Usyk juga berpartisipasi dalam Kejuaraan Tinju Amatir Dunia 2011 yang membantunya lolos ke Olimpiade Musim Panas 2012.

Pada pertandingan Olimpiade Musim Panas yang digelar di London, Usyk berhasil meraih emas dan mengungguli beberapa pesaingnya. Setelah kompetisi ini, ia pensiun dari liga tinju amatir dengan catatan 335 kemenangan dan hanya menelan 15 kekalahan.

3. Punya Rekor Mengesankan dalam Karier Profesionalnya

Oleksandr Oleksandrovych Usyk menjadi petinju profesional pada usia 26 tahun pada akhir tahun 2013. Pada tanggal 9 November 2013, ia melakukan debut profesionalnya dalam pertarungan melawan petarung Meksiko Felipe Romero. Usyk memenangi laga ini lewat KO pada ronde kelima.

Setelah itu, kemenangan demi kemenangan terus menghampiri petinju Ukraina ini. Sampai saat ini Oleksandr Usyk masih menjadi salah satu petinju yang belum terkalahkan dengan catatan 21 kemenangan, dan 14 diantaranya menang KO.

4. Pertahankan Gelar Interim WBO Intercontinental Cruiserweight Dua Kali

Pada tanggal 4 Oktober 2014, Oleksandr Usyk memenangkan gelar mayor pertamanya ketika berhasil mengalahkan petinju Afrika Selatan Daniel Bruwer. Dari laga itu dia sukses memperebutkan gelar kelas penjelajah antar benua WBO sementara.

Dua bulan setelah meraih gelar, Usyk bertarung melawan Danie Venter yang berusia 35 tahun dan mempertahankan gelarnya. Kemudian di 18 April 2015, Usyk kembali mempertahankan gelarnya dengan cara mengalahkan juara kelas penjelajah Rusia Andrey Knyazev.

5. Sukses Merebut Gelar Juara Kelas Berat

Gelar juara bergengsi ini kala itu diperebutkan oleh Oleksandr Usyk dan Anthony Joshua, yang pada saat itu hanya baru menelan satu kekalahan sepanjang karier profesionalnya.

Pertarungan ini diselenggarakan dan berlangsung pada 25 September 2021 di Stadion Tottenham Hotspurs. Pada akhirnya laga ini harus diputuskan melalui keputusan juri yang memenangkan Usyk dengan 117-112, 116-112, dan 115-113.

6. Mengangkat Senjata demi Membela Negaranya

Pasca invasi Rusia ke Ukraina pada awal tahun 2022, rencana rematch Usyk dan Joshua tertahan. Usyk memutuskan untuk kembali ke Ukraina untuk memohon kepada Presiden Rusia Vladimir Putin agar menghentikan invasi tersebut.

Pada 2 Maret 2022, Usyk membenarkan bahwa dirinya telah mengangkat senjata untuk membela negaranya. Ia bergabung dengan Batalyon pertahanan teritorial di Ukraina.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)