Meski Tak Lolos, Bima Tekad Persembahkan Kemenangan

Sabtu, 24 November 2018 - 12:56 WIB
Meski Tak Lolos, Bima Tekad Persembahkan Kemenangan
Meski Tak Lolos, Bima Tekad Persembahkan Kemenangan
A A A
JAKARTA -
Tim nasional Indonesia akan menjalani laga pamungkas penyisihan Grup B Piala AFF Suzuki Cup 2018, Minggu (25/11). Kendati sudah dipastikan gagal, pelatih Bima Sakti bertekad mempersembahkan kemenangan di depan suporter. Karier kepelatihan Bima Sakti bersama timnas senior Indonesia memang tidak berjalan mulus.

Sempat mencuri perhatian setelah mengantarkan skuad Garuda meraih dua kemenangan dan satu kali imbang pada uji coba internasional, Hansamu Yama dkk justru tampil melempem pada ajang sesungguhnya, Piala AFF.

Indonesia kalah tipis 0-1 atas Singapura pada laga perdana di Stadion Nasional lalu meraih poin penuh saat menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Peluang timnas melaju ke semifinal kian tipis menyusul kekalahan 2-4 saat tandang ke Thailand.

Asa Bima Sakti membawa tim Merah Putih melaju benarbenar pupus, menyusul hasil laga Thailand versus Filipina yang berakhir imbang 1-1. Indonesia dipastikan tersingkir lantaran hanya menyisakan satu laga dan tidak mungkin lagi mengejar perolehan angka kedua tim tersebut.

Kini, Bima Sakti masih memiliki satu laga untuk dituntaskan. Melawan Filipina di SUGBK bisa jadi akan menjadi laga terakhir pelatih asal Balikpapan, Kalimantan Timur, itu bersama skuad Garuda.

Karena itu, dia bertekad memberikan persembahan terakhirnya bagi suporter. Mantan asisten Luis Milla itu menyatakan, kendati peluang melaju ke semifinal Piala AFF sudah tertutup, tapi perjuangan timnas pada ajang dua tahunan tersebut belum selesai.

Menurut dia, masih ada satu pertandingan melawan Filipina yang akan menjadi puncak dari perjuangan anak-anak Garuda. Karena itu, kemenangan harus dipersembahkan saat melawan tim besutan pelatih kawakan asal Swedia Sven Goran Eriksson tersebut.

“Perjuangan belum selesai dan kami harus tutup pertandingan hari Minggu dengan kemenangan. Saya harap seluruh pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan meraih tiga poin,” kata Bima Sakti.

Mantan kapten timnas Indonesia ini menegaskan, menghadapi Filipina, dirinya akan tetap menurunkan komposisi terbaik. Dia juga membuka peluang untuk mencoba sejumlah pemain yang selama ini hanya menghuni bangku cadangan.

“Ada beberapa pemain yang akan kami beri kesempatan bermain. Yang penting, kami dapat menang melawan Filipina,” tambahnya. Keinginan untuk mengakhiri perjuangan di ajang Piala AFF dengan kemenangan juga disuarakan gelandang timnas Stefano Lilipaly.

Melalui akun Instagram-nya, pemain naturalisasi itu menyatakan bahwa perjuangan timnas harus terus berlanjut dan jangan pernah menyerah. “Ayo, akhiri ini dengan baik #AFF2018,” tulis Lilipaly disertai foto dirinya bersama Andik Vermansyah, Gavin Kwan Adsit, dan Febri Hariyadi, kemarin.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1986 seconds (0.1#10.140)