Piala Menpora Esports 2020 Resmi Digelar

Senin, 17 Agustus 2020 - 18:57 WIB
loading...
Piala Menpora Esports 2020 Resmi Digelar
Piala Menpora Esports 2020 secara resmi digelar bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan indonesia pada Senin (17/8/2020) / Foto: Kemenpora
A A A
JAKARTA - Piala Menpora Esports 2020 secara resmi digelar bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan indonesia pada Senin (17/8/2020). Sebanyak lebih dari 10 ribu atlet muda yang terbagi dalam 2.048 tim esports mulai bertanding untuk membela institusi pendidikannya masing-masing dan meraih gelar juara di Piala Menpora Esports 2020 AXIS.

Menpora Zainudin Amali menjelaskan diselenggarakannya Piala Menpora Esports 2020 merupakan bagian dari upaya Kemenpora untuk mengembangkan dan memajukan esports secara positif di Tanah Air. Kejuaraan ini diharapkan mencetak bakat-bakat baru atlet esports Indonesia yang dapat mengharumkan nama bangsa di kemudian hari. (Baca juga: Diakui Dunia, MPL Indonesia Season 6 Siap Cetak Sejarah Baru )

“Sejak awal, Kemenpora berkomitmen untuk mendukung esports agar berkembang dan membawa prestasi bagi Indonesia. Ketika kemudian terjadi pandemi saya melihat bahwa esports ini justru makin populer. Maka dari itu saya menggagas agar ada sebuah kompetisi esports yang tujuannya menjaring bibit-bibit muda berbakat,” ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers melalui aplikasi Zoom usai seremoni kick off, Selasa (17/8).

Menpora menambahkan pemerintah menyadari bahwa esports sangat populer di kalangan anak muda. Oleh karena itu salah satu pengembangan esports yang penting saat ini adalah menghadirkan wadah-wadah kompetisi yang terstruktur dan berjenjang. Terlebih saat ini institusi pendidikan mulai dari SMP, SMA, hingga universitas sederajat semakin terbuka dan terlibat dalam mengembangkan esports secara positif. (Baca juga: Sambut HUT RI Ke-75, Persija Gelar Turnamen E-Sport Road To IFel 2020 )

“Kami gembira bahwa animo terhadap Piala Menpora Esports ini sangat positif. Ada lebih dari 10 ribu atlet muda yang bertanding demi mengharumkan nama sekolah dan kampusnya masing-masing. Inilah yang perlu menjadi perhatian kita bersama agar kedepan upaya-upaya dan kerjasama untuk memajukan esports ini bisa terus dilakukan secara simultan, sehingga membawa prestasi bagi Indonesia nantinya,” terangnya.

Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 AXIS Giring Ganesha mengatakan tingginya animo peserta menguatkan indikasi bahwa esports masih tetap populer dan makin digemari di tengah kondisi pandemi Covid-19. Hal ini memperkuat keyakinannya dan Indonesia Esports Premiere League (IESPL) selaku mitra Kemenpora dalam penyelenggaraan turnamen ini agar berlangsung sukses dan membawa manfaat bagi kemajuan esports Indonesia.

“Piala Menpora Esports dirancang untuk menjadi wadah kompetisi bagi talenta-talenta muda esports kita agar mereka berkembang dan kemudian bisa menjadi atlet pro yang berprestasi di masa depan. Kita melihat potensi atlet-atlet kita ini luar biasa dan industrinya pun tumbuh positif, maka melalui kejuaraan ini kita ingin bagaimana esports ini juga bisa membawa kejayaan Indonesia,” ujar Giring.

Selain itu, Giring juga menjelaskan bahwa sejak pendaftaran dibuka pada 1 Agustus lalu, target peserta 2.048 tim telah tercapai. Setiap tim terdiri dari 5 atlet, yang artinya ada lebih dari 10 ribu atlet berkompetisi dalam turnamen ini. Banyak peserta berasal dari sejumlah perguruan tinggi dan sekolah ternama dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Beberapa di antaranya berasal dari Universitas Padjajaran (Unpad) Jawa Barat, Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Riau (UNRI) Riau, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jawa Timur, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Politeknik Negeri Lhowseumawe – Nanggroe Aceh Darusallam, Universitas Halu Oleo – Sulawesi Tenggara, Universitas Udayana – Bali, Universitas Sriwijaya – Sumatera Selatan, hingga Universitas Nusa Nipa Maumere – NTT. .

Pelaksanaan Piala Menpora Esports 2020 AXIS ini juga mendapat dukungan penuh dari kelompok industri yang menjadi bagian dari ekosistem esports di Indonesia. Penyedia jasa layanan internet AXIS yang merupakan salah satu brand XL Axiata menyatakan pihaknya senantiasa mendukung dan terlibat dalam setiap upaya memajukan esports di Indonesia.

“Kami berharap turnamen ini dapat menjadi wadah untuk para gamer dan menciptakan atlet-atlet esports Indonesia yang profesional sehingga bisa bersaing di ajang internasional,” ungkap Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)