Dokter PBSI Pastikan Meilysa Trias Cedera ACL

Kamis, 16 Mei 2024 - 22:01 WIB
loading...
Dokter PBSI Pastikan Meilysa Trias Cedera ACL
Dokter PBSI Pastikan Meilysa Trias Cedera ACL. Foto: Badminton Photo
A A A
JAKARTA - Dokter PBSI , Prof Nicoolas C. Budhiparama, mengonfirmasi cedera yang dialami oleh Meilysa Trias Puspitasari. Kata dia, pemain ganda putri Indonesia itu mengalami cedera ACL.

Seperti diketahui, Trias -sapaan Meilysa- ditarik mundur dengan pasangannya, Rachel Allessya Rose, dari Thailand Open 2024 yang berlangsung pekan ini. Namun, pada awalnya PBSI belum menyebutkan penyebabnya.

Rumor di media sosial pun menyebar di mana Trias disebut menderita cedera ACL. Setelah beberapa hari tak ada jawaban, akhirnya PBSI mengungkapkan alasan juara Orleans Masters 2024 itu mundur dari Thailand Open 2024.



Kabid Binpres PBSI, Ricky Subagja, menjelaskan bahwa Trias mengalami cedera. Hal itu disebabkan oleh insiden yang terjadi dalam latihan di Pelatnas PBSI pada Rabu, 8 Mei 2024 lalu.

"Soal penarikan Rachel/Trias, ini saya pribadi prihatin karena persiapan luar biasa yang mereka lakukan dan mereka juga ikut dalam Tim Uber. Trias mengalami cedera saat latihan pekan lalu pada hari Rabu. Saya tau persis kejadiannya, dia sudah mau selesai latihan tiba-tiba dalam latihan saat mendarat trias mengalami cedera," kata Ricky dalam konferensi pers di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Kamis (16/8/2024).

Kemudian, dalam acara yang sama, Prof Nicoolas, mengonfirmasi bahwa Trias menderita cedera lutut. Dia pun secara tidak langsung memastikan bahwa cedera itu dialami pada bagian Anterior Cruciate Ligament (ACL).

"ACL itu ada banyak. Kalau kalian liat Instagram saya, saya mengajarkan bahwa ACL injury bisa berbagai macam. Ada partial dan total," ujar Nicoolas.

Lebih lanjut, Nicoolas menyebut bahwa saat ini belum diputuskan apakah Trias akan menjalani operasi atau tidak untuk proses pemulihannya. Sebab, butuh pemikiran panjang untuk masa depan karier sang atlet untuk mengambil tindakan tersebut.

"Salah satu yang kita bicarakan mengenai ACL, penanganan atlet jangan sampai salah, apakah individu sport atau team sport. Itu berbeda karena pengambilan keputusan paling berat," ujarnya.

Sang dokter pun membeberkan Trias saat ini akan menjalani proses rehabilitasi lebih dulu dalam waktu yang belum ditentukan. Alhasil, tak diketahui berapa lama dia bakal absen.

"Kami masih proses rehab. Kita harus putuskan apakah dia akan lanjut atau mundur (operasi). Jadi belum tahu juga berapa lama rehabnya," pungkasnya.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)
pixels