Shin Tae-yong Jadi Inspirasi Pelatih Muda di Korea Selatan

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:47 WIB
loading...
Shin Tae-yong Jadi Inspirasi...
Shin Tae-yong menjadi inspirasi pelatih muda di Korea Selatan, Yeom Ki-hoon / Foto: PSSI
A A A
Shin Tae-yong menjadi inspirasi pelatih muda di Korea Selatan, Yeom Ki-hoon. Pelatih Suwon Bluewings itu mengatakan ahli strategi Timnas Indonesia adalah sosok yang detail dalam menentukan taktik.

Shin Tae-yong merupakan salah satu sosok pelatih senior di Korea Selatan. Pelatih berusia 53 tahun itu sempat menjadi asisten manajer Brisbane Roar, hingga bertugas menukangi klub Korea Selatan Seongnam Ilhwa.

Bersama Seongnam Ilhwa, Shin berhasil meraih dua trofi dalam kurun 2008 – 2010. Setelah sukses bersama klub, Shin kemudian dipercaya untuk bertugas di Timnas Korea Selatan sejak 2014. Di sana, dia sempat mengantar Timnas Korea Selatan juara Piala Asia Timur pada 2017.



Shin kemudian mengawal Taegeuk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan- di Piala Dunia 2018. Sayangnya, pelatih kelahiran Yeongdeok itu gagal membawa Timnas Korea Selatan lolos dari fase grup.

Kini, Shin merupakan sosok penting di Timnas Indonesia. Dia belum bisa mempersembahkan Timnas Indonesia gelar juara. Namun sejumlah pencapaian seperti menembus babak 16 besar Piala Asia dan semifinal Piala Asia U-23 membuat Shin dianggap cukup berhasil.

Rekam jejak Shin Tae-yong menjadi inspirasi bagi Yeom Ki-hoon yang saat ini melatih klub Liga 2 Korea Selatan Suwon Bluewings. Yeom mengatakan, Shin adalah salah satu dari dua sosok pelatih yang ingin ditiru olehnya.



"Pelatih yang ingin saya tiru adalah Seo Jeong-won (manager CD Rongcheng), dan orang yang ingin saya tiru adalah Shin Tae-yong," ujar Yeom dikutip dari Naver, Sabtu (18/5/2024).

Menurutnya, Shin merupakan pelatih yang mempunyai kemampuan hebat dalam meramu taktik. Hal itu dirasakannya ketika bermain untuk Timnas Korea Selatan saat menjuarai Piala Asia Timur 2017.

"Pelatih Shin juga memutuskan seberapa jauh kami harus melangkah jika penyerang ada di sini dan seberapa jauh kami harus turun jika bola ada di sini," imbuh pelatih berusia 41 tahun itu.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)