alexametrics

Indonesia Resmi Ajukan Tuan Rumah Olimpiade 2032

loading...
Indonesia Resmi Ajukan Tuan Rumah Olimpiade 2032
Suasana penutupan Asian Games 2018. Indonesia resmi mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032/Foto/dok Sindonews
A+ A-
JAKARTA - Indonesia resmi mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Indonesia akan bersaing dengan India, serta Korea Utara-Korea Selatan yang mencalonkan diri menjadi tuan rumah bersama .

Menurut Reuters mengutip Antara, Selasa (19/2/2019), setelah sukses dan mendapat pujian saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia bertekad melangkah lebih jauh dengan menjadi tuan rumah Olimpiade.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D. Hadad telah menyerahkan surat dari Presiden Joko Widodo kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) pekan lalu.



"IOC telah mengakui kemampuan Indonesia selama Asian Games dan Asian Paragames tahun 2018," kata Muliaman D. Hadad. "Kami merasa itu adalah dasar yang kuat."

Seorang pejabat senior di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Gunawan, juga telah mengonfirmasi tawaran itu.

Catatan Sindonews, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 September 2018 mengatakan Indonesia siap menggelar Olimpade 2023. Pengalaman dan sukses menjadi penyelenggarakan Asian Games 2018 menjadi modal Indonesia mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah pesta olahraga empat tahunan itu.

Presiden mengungkap hal tersebut seusai bertemu Ketua International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach dan Ketua Olympic Council of Asia (OCA) Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018) siang.

Jika Indonesia memenangkan kesempatan menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2023, itu akan menjadi negara Asia keempat yang melakukannya, setelah Jepang, China, dan Korea Selatan. IOC akan memilih tuan rumah 2032 pada tahun 2025.

Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, lalu dilanjutkan Paris 2024, dan Los Angeles 2028.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak