Mengenal Henri Delaunay, Penggila Sepak Bola yang Namanya Diabadikan di Piala Eropa

Kamis, 13 Juni 2024 - 06:00 WIB
loading...
Mengenal Henri Delaunay, Penggila Sepak Bola yang Namanya Diabadikan di Piala Eropa
Perhelatan Euro 2024 semakin dekat. Namun, banyak yang tidak tahu sejarahnya. Ini bermula dari Henri Delaunay. Foto/ uefa.
A A A
JAKARTA - Perhelatan Euro 2024 sudah semakin dekat. Pencinta sepak bola siap menolehkan matanya ke Jerman mulai 14 Juni ini. Namun, masih banyak yang tidak tahu sejarah kompetisi di Benua Biru itu lahir.

Ya, ini bermula dari Henri Delaunay. Siapa dia? Dikutip uefa, Henri Delaunay menjadi Sekretaris Jenderal UEFA yang pertama.



Pria asal Perancis itu memegang posisi penting dalam sejarah organisasi ini, tidak hanya sebagai semangat perintis yang memberikan kontribusi penting terhadap lahirnya badan sepak bola Eropa, juga melalui perannya sebagai katalis bagi pembentukan badan sepak bola Eropa.

Lahir di Paris pada 1883, Henri Delaunay adalah seorang penggila sepak bola setia yang menjadikan permainan ini sebagai minatnya sejak usia dini.

Pada usia 20 tahun, dia diangkat menjadi sekretaris Etoile des Deux Lacs, klub Perancis terkemuka saat itu dan dia mengambil alih kepemimpinan sebagai presiden klub ketika berusia 26 tahun.

Keahlian Delaunay sebagai administrator sudah terlihat di tingkat nasional. Pada tahun-tahun berikutnya, tepatnya pada 1906, ketika dia baru berusia 23 tahun, dia diangkat sebagai sekretaris jenderal Komite Antarfederal Perancis yang baru, cikal bakal Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) yang didirikan pada 1919.
Mengenal Henri Delaunay, Penggila Sepak Bola yang Namanya Diabadikan di Piala Eropa

Sepak bola dalam darah

Henri Delaunay adalah seorang pria yang memiliki otoritas yang kuat, yang diberkati dengan kepekaan bawaan dan humor yang tajam. Ia adalah seorang ahli sepak bola dan hukumnya – sebuah bantuan khusus dalam perannya sebagai wasit di Perancis.

Pada 1920, badan sepak bola dunia FIFA memintanya untuk duduk di komite konsultatif baru untuk the Laws of the Game (Aturan Pertandingan), yang pada akhirnya berganti nama menjadi the FIFA Referees Committee (Komite Wasit FIFA). Dia kemudian menyusun rangkaian keputusan pertama mengenai penafsiran undang-undang tersebut.

Trofi Euro menyandang nama Henri Delaunay

Delaunay menghargai impian untuk menyelenggarakan kompetisi Eropa bagi tim nasional guna mengembangkan identitas dan daya tarik permainan tim nasional. Dia juga memberi dorongan untuk dimulainya Piala Dunia FIFA.

Pada Kongres FIFA di Amsterdam1928, ia berperan penting dalam diadopsinya resolusi yang menentukan “untuk menyelenggarakan kompetisi yang terbuka bagi tim perwakilan dari semua asosiasi nasional yang berafiliasi.”

Pelopor UEFA

Delaunay kemudian menjadi tokoh penting dalam pendirian UEFA pada Juni 1954, bertindak sebagai ujung tombak utama dalam gerakan menuju pembentukan kelompok yang terdiri dari asosiasi nasional Eropa.

Keputusan FIFA pada 1953 untuk mengesahkan konfederasi sepak bola kontinental membuka jalan bagi lahirnya badan Eropa yang baru pada pertemuan 28 asosiasi nasional di Basel, Swiss pada musim panas berikutnya.



Sayang, masa jabatan Henri Delaunay sebagai Sekretaris Jenderal UEFA begitu singkat. Kematiannya pada November 1955 menandakan bahwa ia tidak siap membantu UEFA mengambil langkah pertama yang gagal.

Henri Delaunay juga tidak akan melihat impian lamanya untuk berkompetisi di tim nasional Eropa. Kejuaraan Eropa akhirnya diluncurkan pada musim panas 1958, sudah sepantasnya trofi tersebut memuat nama orang yang telah berjuang begitu gigih demi terciptanya kompetisi tersebut. Henri Delaunay!
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)
pixels