Mengintip Kehidupan Wasit Jelang Euro 2024, Rasakan Tekanan Tingkat Tinggi

Kamis, 13 Juni 2024 - 07:01 WIB
loading...
Mengintip Kehidupan...
Wasit menjadi salah satu dari bagian yang disorot, termasuk di Euro 2024. Yuk, intip kehidupannya. Foto/ uefa.com
A A A
JAKARTA – Euro 2024 adalah puncak dari kerja keras dan dedikasi selama bertahun-tahun bagi setiap orang yang akan menginjakkan kaki di lapangan di Jerman, termasuk para wasit .

Michael Oliver menjadi salah satu dari 19 wasit yang dipilih untuk laga Euro 2024 . Dia merefleksikan meningkatnya tekanan di turnamen besar, kerja tim bersama ofisial lainnya dan dedikasi terhadap performa puncak.



Sama seperti para pemain yang bersiap menghadapi tuntutan ekstra yang dibawa oleh acara olahraga terbesar ketiga di dunia tersebut, begitu pula para wasit.

“Mata dunia tertuju pada turnamen ini,” kata Michael Oliver, dikutip uefa.com.

"Anda merasakan saat tiba di stadion bahwa atmosfernya berbeda. Tekanan, persaingan, dan kualitas pertandingan semuanya lebih tinggi. Anda sadar akan tekanan itu, namun Anda hanya berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin dan pastikan kamu siap menghadapinya," ucap dia lagi.

Oliver telah menjadi wasit internasional sejak 2012 dan menjadi bagian dari Grup Elit UEFA sejak 2018. Wasit asal Inggris ini akan tampil di Kejuaraan Eropa keduanya setelah memimpin tiga pertandingan di Euro 2020.

Para wasit di Euro 2024 akan ditempatkan bersama di luar Frankfurt, dipilih sebagai lokasi pusat yang nyaman bagi mereka untuk kembali setelah setiap pertandingan dan di mana mereka dapat memulihkan diri dan mempersiapkan tugas berikutnya.

“Persahabatan, ini seperti kelompok persahabatan. Sama halnya dengan sebuah tim atau skuat. Kami semua berada dalam kondisi yang sama, kami memahami apa yang dialami satu sama lain dan ini adalah atmosfer yang bagus,” jelas Oliver.

“Meskipun ini adalah persahabatan yang pertama dan terpenting, Anda juga bersaing satu sama lain. Ini adalah kompetisi yang sopan, dengan semua orang berjuang untuk menjadi yang terbaik. Satu hal yang bisa saya katakan dengan pasti, kami semua ingin satu sama lain tampil baik. Kami semua berupaya untuk menghindari kesalahan, namun sayangnya beberapa kesalahan bisa saja terjadi, jadi akan sangat membantu jika ada orang-orang di sekitar kami yang memahami bagaimana rasanya berada di posisi kami,” tutur Oliver lagi.

Yang akan mendukung para ofisial sepanjang turnamen adalah direktur pelaksana wasit UEFA, Roberto Rosetti dan anggota Komite Wasit UEFA. Ini termasuk Vlado Sajn, anggota komite berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, Björn Kuipers, yang memimpin final UEFA EURO 2020, dan Carlos Velasco Carballo, wasit pertandingan Liga Eropa UEFA 2011.

“Dukungan itu sangat penting. Roberto adalah orang yang ramah, orang yang sangat baik, dan dia mempunyai staf yang hebat di sekelilingnya. Ada banyak pengalaman dalam hal menjadi wasit dengan orang-orang seperti Björn, Vlado dan Carlos. Staf di luar lapangan juga luar biasa dan sangat membantu menghilangkan tekanan,” tuturnya.

“Anda tahu bahwa semua yang Anda butuhkan tersedia untuk Anda, dan jika Anda memiliki masalah maka Anda dapat berbicara dengan seseorang dan semuanya beres. Ini memungkinkan kami untuk berkonsentrasi pada sepak bola," kata Oliver lagi.

Menjelang turnamen, UEFA akan berbicara dengan tim untuk mendorong bahwa selama pertandingan, hanya kapten mereka yang berbicara kepada wasit dan para pemain tidak memadati wasit. Setiap pemain yang mengabaikan ini akan diberikan kartu kuning.

Hal ini akan memungkinkan wasit untuk mengomunikasikan keputusan mereka dengan lebih jelas dan membangun kepercayaan antara mereka dan kapten, memberikan contoh yang lebih baik bagi pemain muda dan penggemar. Merefleksikan panduan ini, Oliver setuju bahwa ini adalah langkah yang tepat.

“Ini pasti akan membantu. Banyak situasi yang Anda lihat sekarang adalah para pemain dan penggemar menginginkan jawaban dan klarifikasi. Memiliki hubungan itu dan berdialog dengan orang yang ditunjuk hanya dapat membantu mewujudkan hal itu,” ucap Oliver.

“Untuk dapat membangun ikatan atau hubungan dengan kapten berarti Anda dapat menyampaikan maksud Anda, Anda dapat mendengarkan pendapat mereka, Anda memberikan penjelasan dan kejelasan kepada mereka. Itu akan menjadi hal yang positif,” ujar dia lagi.


Berusaha yang terbaik

Satu hal yang Oliver harap akan dipahami lebih banyak orang adalah bahwa wasit menyukai permainan ini seperti halnya para pemain dan penggemar.

“Ada persepsi bahwa kami datang lima menit sebelum kick-off, langsung pulang setelahnya dan tidak memikirkan sepak bola selama seminggu,” katanya.

"Tetapi kami melakukan banyak latihan dan bekerja keras, untuk menjadi yang terbaik, untuk membatasi kesalahan. Tak seorang pun perlu memberi tahu saya setelah pertandingan seberapa baik saya melakukannya – atau tidak. Saya mengetahuinya lebih dari siapa pun," tutur Oliver lagi.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)