5 Kandidat Kuat Peraih Sepatu Emas di Euro 2024, Ada Mbappe dan Harry Kane

Rabu, 12 Juni 2024 - 23:00 WIB
loading...
5 Kandidat Kuat Peraih Sepatu Emas di Euro 2024, Ada Mbappe dan Harry Kane
Para kandidat peraih Sepatu Emas di Euro 2024. Foto/The Analyst
A A A
JAKARTA - Para pesepak bola terbaik bakal mengerahkan segala kemampuannya di ajang Euro 2024 di Jerman. Capaian tertinggi di ajang tersebut berupa Golden Boot alias Sepatu Emas.

Nama-nama pencetak gol terbanyak di ajang Euro sebelumnya memang mentereng. Mereka pun selalu menjadi pemain andalan tim nasional Eropa.

Persaingan makin ketat di gelaran Euro 2024 kali ini. Ada Cristiano Ronaldo yang mencetak rekor meraih Sepatu Emas dua kali. Pesepak bola Inggris Harry Kane maupun anggota skuad Perancis Kylian Mbappe diprediksi bakal bersaing untuk meraih capaian tertinggi itu kembali.

Deretan nama pesepak bola legendaris, seperti Gerd Müller hingga Marco van Basten, Alan Shearer hingga Fernando Torres, serta beberapa striker terhebat dunia pernah mendapat kehormatan sebagai peraih Sepatu Emas.

Untuk melihat kans peraih Sepatu Emas di Euro 2024, laman The Analyst membuat daftar deretan nama calon peraih Sepatu Emas di Euro 2024 dilansir, Rabu (12/6/2024).


1. Kylian Mbappe


Ketika tim Les Bleus nyaris lolos ke Piala Dunia 2022, kapten Timnas Perancis itu kembali menjadi salah satu favorit peraih penghargaan Sepatu Emas dengan delapan gol.

Mbappe telah mencetak 12 gol dalam 14 pertandingan Piala Dunia dan diperkirakan akan memecahkan rekor 16 gol milik mantan pemain Timnas Jerman Miroslav Klose. Tetapi Mbappe gagal mencetak gol di pertandingan Euro sebelumnya, bahkan gagal mengeksekusi penalti penting ketika Preancis kalah adu penalti.

Saat Euro 2020 berlangsung, data Opta mencatat beberapa pemain melewatkan peluang mencetak gol, misalnya Alvaro Morata (6), Gerard Moreno dan Kane (masing-masing 5) dibandingkan Mbappé (4). Total 14 tembakannya menghasilkan ekspektasi gol (xG) sebesar 1,7. Hanya Moreno (-2,25) dan Dani Olmo (-1,86) yang memiliki nilai xG lebih rendah.

Angka di atas di luar ekspektasi karena pada musim pertandingan sebelumnya, Mbappé terbilang produktif karena sukses mencetak 44 gol dalam 47 pertandingan. Rekor ini hanya bisa disamai oleh Kane yang mencetak 44 gol dalam 45 pertandingan di antara pemain liga top Eropa.

Mbappé juga mencetak sembilan gol dalam delapan pertandingan kualifikasi Euro 2024. Namun, tim Prancis punya kemampuan pemain berimbang yang tidak tergantung pada gol striker bintang lapangan.

2. Harry Kane


Harry Kane merupakan satu-satunya pemain di lima liga top Eropa yang menyamai jumlah gol Mbappé pada musim 2023-2024. Banyak yang menilai Kane kecewa dengan orang-orang di sekitarnya saat Bayern Munich kehilangan gelar Bundesliga.

Setelah mengalami kekecewaan di Euro 2020, Kane nampaknya ingin mengakhiri kutukan tersebut dengan memenangkan trofi besar untuk negaranya.

Kane pencetak gol terbanyak sepanjang masa Inggris (63 gol) dan pemain paling produktif di Piala Dunia (12 gol). Mbappé menjadi satu-satunya pemain yang mampu menyamai rekor Kane di tiga turnamen terakhir (Piala Dunia 2018, Kejuaraan Eropa 2020, dan Piala Dunia 2022).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)
pixels