6 Fakta Menarik Piala Eropa Semalam, Pepe Pecah Rekor

Selasa, 02 Juli 2024 - 16:29 WIB
loading...
6 Fakta Menarik Piala Eropa Semalam, Pepe Pecah Rekor
Pepe menjadi pemain tertua dengan 41 tahun dan 126 hari yang tampil di fase knockout dalam turnamen besar. Foto/AFP
A A A
JERMAN - Gelaran Piala Eropa 2024 kembali melanjutkan persaingan di babak 16 besar. Portugal menghadapi tim kejutan, Slovenia, sedangkan Prancis bersua Belgia pada pertandingan yang berlangsung tadi malam.

Portugal yang lebih diunggulkan, ternyata harus bersusah payah untuk bisa merebut tiket ke perempat final. Christiano Ronaldo cs baru bisa memastikan kemenangan melalui drama adu penalti (3 - 0 ) setelah bermain imbang 0 - 0 hingga perpanjangan waktu.

Sementara di pertandingan lain, Prancis juga berhasil memastikan diri melenggang ke delapan besar setelah mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1 - 0. Satu-satunya gol yang tercipta pada laga tersebut merupakan hasil bunuh diri Jan Vertonghen di menit 85.

Terlepas dari hasil yang ada, ternyata terdapat sejumlah catatan menarik yang menghiasi kedua laga. Berikut ulasannya:


1. Tiga Penyelamatan Penalti


Diogo Costa menjadi kiper pertama yang menghalau tiga tendangan pada babak adu penalti di Piala Eropa. Ia juga menjadi kiper pertama dengan catatan tidak kebobolan dalam duel adu penalti di Piala Eropa.

2. Pemain Tertua di Fase Knockout


Pepe menjadi pemain tertua dengan 41 tahun dan 126 hari yang tampil di fase knockout dalam turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa). Ia melewati catatan kiper Inggris, Peter Shilton yang bermain melawan Italia pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 1990.

3. 20 Tembakan, 0 Gol


Christiano Ronaldo mencatatkan 20 tembakan tanpa mencetak gol di Piala Eropa. Hanya ada empat pemain yang mencatatkan tembakan lebih banyak, tanpa menciptakan gol di Piala Eropa sejak 1980. Mereka ialah Fernando Hierro (29 tembakan) pada 1996, Deco (24 tembakan) pada 2004, Kevin de Bruyne (21 tembakan) pada 2016, dan Dni Olmo (21 tembakan) pada 2020.

4. Keuntungan dari Gol Bunuh diri


Prancis menjadi tim yang paling sering diuntungkan dengan gol bunuh diri dengan lima gol, yang paling banyak sepanjang sejarah. Les Bleus juga menjadi tim dengan keuntungan gol bunuh diri paling banyak (6 gol) di Piala Duna.


5. 19 Pertandingan Tak Terkalahkan Prancis jika Ada Kante


N’Golo Kante merupakan pemain Eropa dengan rekor tak terkalahkan terbanyak dalam sejarah turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa). Di mana Timnas Prancis tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan jika Kante bermain dengan 13 kemenangan dan enam hasil imbang.

6. Pemain Tertua yang Buat Gol Bunuh Diri


Jan Vertonghen menjadi pemain tertua (37 tahun dan 68 hari) yang mencetak gol bunuh diri di Piala Eropa, dan menjadi pemain Belgia pertama yang melakukan gol bunuh diri di Piala Eropa.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)
pixels