Piala AFF U-19 2024 Gunakan VAR: Ajang Naik Kelas untuk Tuan Rumah Indonesia

Kamis, 04 Juli 2024 - 01:03 WIB
loading...
Piala AFF U-19 2024 Gunakan VAR: Ajang Naik Kelas untuk Tuan Rumah Indonesia
Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di turnamen sepak bola internasional kelompok umur sepertinya bakal terus dilakukan / Foto: PSSI
A A A
Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di turnamen sepak bola internasional kelompok umur sepertinya bakal terus dilakukan. Salah satunya di Piala AFF U-19 2024, yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Penggunaan VAR sempat digunakan pada babak semifinal dan final Piala AFF U-16 2024. Ini hasil dari kesepakatan PSSI dan AFF.

"Jadi mengusulkan PSSI? Sama-sama," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat diwawancarai di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7/2024) malam.



Erick Thohir mengungkapkan bahwa penggunaan VAR untuk event sepak bola internasional akan terus dilakukan. Rencananya, VAR juga akan digunakan di Piala AFF U-19 di Surabaya pada 17 Juli 2024 mendatang.

"Nanti U-19 juga kita pakai lagi VAR supaya kita sebagai tuan rumah tingkatnya beda. Kita kan udah pernah bikin U-17 Piala Dunia masa turun lagi?," kata dia.

Menurut Erick, kebijakan tersebut diterapkan karena Indonesia sebagai tuan rumah ingin naik kelas. Sekaligus menaikkan citra kompetisi AFF.



"Kita ingin sebagai tuan rumah juga naik kelas gitu. Jadi, kita yang mengharapkan bagaimana kita juga kan ada uji-coba," beber Erick Thohir.

Tekhnologi VAR sendiri sedianya juga akan diberlakukan untuk Liga 1 Indonesia musim 2024/2025. "Kemarin di Championship udh ujicoba. Nanti liga akan memakai VAR. Ya tidak ada salahnya kita juga melakukan perbaikan-perbaikan di kita tetapi standarnya AFF naik ada VAR ada LED," beber Erick.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)
pixels