Lewati Susy Susanti, Rizki Juniansyah Atlet Termuda Indonesia Peraih Emas Olimpiade

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 06:58 WIB
loading...
Lewati Susy Susanti,...
Lewati Susy Susanti, Rizki Juniansyah Atlet Termuda Indonesia Peraih Emas Olimpiade. Foto: Kolase
A A A
PARIS - Lifter Indonesia, Rizki Juniansyah, sukses meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024 . Ia menyumbangkan medali emas kedua untuk Indonesia di cabang olahraga (cabor) angkat besi nomor 73 kg putra.

Pencapaian ini memberi sejarah baru bagi cabor angkat besi Indonesia di ajang Olimpiade. Sebab, Rizki menjadi lifter Indonesia pertama yang sukses meraih medali emas di Olimpiade.

Bukan hanya itu, lifter kelahiran 17 Juni 2003 itu juga menjadi atlet Indonesia termuda yang sukses meraih medali emas di Olimpiade. Pencapaian itu didapat Rizki pada usia 21 tahun 1 bulan alias baru saja merayakan ulang tahun ke-21 pada Juni lalu.



Raihan ini melewati Susy Susanti yang sebelumnya menjadi peraih medali emas Indonesia termuda di ajang Olimpiade. Susy yang kelahiran 11 Februari 1971, meraih medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992 di usia 21 tahun 5 bulan.

Tentu saja pencapaian ini begitu membanggakan. Karena di usia yang muda Rizki sudah mempersembahkan medali emas di ajang Olimpiade sekaligus menjadi aset untuk masa depan angkat besi Indonesia.

Rizki sendiri berhasil meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 setelah meraih total angkatan 354 kg. Raihan itu terdiri dari 155 kg di snatch dan 199 kg di clean & jerk.

Bahkan Rizki juga berhasil mencatatkan rekor Olimpiade untuk angkatan clean & jerk. Ia berhasil mengalahkan angkatan milik Shi Zhiyong asal China yang sebelumnya meraih 198 kg di Olimpiade Tokyo 2020.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)