Tantangan di Balkan untuk Tim Nasional U-19

Selasa, 25 Agustus 2020 - 13:36 WIB
loading...
Tantangan di Balkan untuk Tim Nasional U-19
Pemain timnas U-19 Witan Sulaeman (tengah) berlatih bersama rekan-rekan nya di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Foto: dok/PSSI
A A A
JAKARTA - Segala puja puji Shin Tae-yong pada pemain tim nasional U-19 akan dibuktikan pada International Friendly Tournament 2020 di Kroasia. Tiga lawan tangguh akan menguji sejauh mana kesiapan Garuda Muda menuju putaran final Piala Asia U-19.

Witan Sulaeman dkk tidak memilki banyak waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala Asia. Jadwal pemusatan latihan yang disusun pelatih Shin Tae-yong berantakan akibat pandemi virus korona.

Timnas U-19 baru menjalani training centre (TC) pada pertengahan Agustus lalu. Untuk mengejar ketertinggalan, Tae-yong berencana memboyong anak asuhnya ke Kroasia untuk pemusatan latihan lanjutan. (Baca: Timnas Indonesia U-19 Akan gelar Pemusatan Pelatihan di Kroasia)

Tidak hanya sekadar menjalani latihan, skuad Garuda Muda sudah ditunggu turnamen mini di negara balkan tersebut. Ya, timnas U-19 akan terlibat dalam International U-19 Friendly Tournament 2020 yang diikuti empat negara. Turnamen yang digelar 2-8 September ini akan menjadi tolok ukur kesiapan timnas menghadapi Piala Asia.

Bulgaria, Arab Saudi, dan tentu saja tuan rumah Kroasia akan menguji perkembangan timnas yang baru mengikuti dua kali pemusatan latihan dan selebihnya hanya virtual training. Dari tiga tim tersebut, tidak ada yang bisa dianggap enteng. Kroasia merupakan salah satu raksasa sepak bola Eropa. Demikian halnya Bulgaria meski dalam beberapa tahun terakhir prestasi tim nasional kedua negara tersebut mengalami penurunan.

Tantangan di Balkan untuk Tim Nasional U-19


Sementara Arab Saudi merupakan raksasa sepak bola Asia. Timnas Indonesia juga memiliki catatan minor ketika harus berhadapan dengan tim-tim asal Timur Tengah. Ini menjadi kesempatan timnas U-19 untuk menguji tim yang berpeluang menjadi calon lawannya di Piala Asia nanti. (Baca juga: Konflik Belarusia Bisa Memicu Perang Eropa)

Menghadapi tiga calon lawan tangguh, PSSI berharap agar timnas U-19 bisa memanfaatkan turnamen pemanasan tersebut dengan baik sebagai bekal menuju Uzbekistan. Ajang ini akan menjadi ujian untuk menguji kekompakan tim sekaligus menentukan strategi yang akan diusung di Piala Asia nanti.

“Kami sudah mendapatkan info dari federasi sepak bola Kroasia (HSN) jika timnas U-19 akan melawan Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi International U-19 Friendly Tournament. Ini lawan-lawan yang bagus dan kuat bagi timnas,” kata Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengungkapkan, selain mengikuti turnamen, TC jangka panjang di Kroasia juga akan diisi dengan uji coba bermain tim lain. Karena itu, dia meminta seluruh pemain untuk bekerja keras dan meningkatkan kemampuan untuk bisa menorehkan prestasi di kejuaraan sepak bola terbesar Asia tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)