Biodata dan Agama Vitali Klitschko, Petinju Legendaris Ukraina yang Sukses Jadi Wali Kota Kiev

Kamis, 22 Agustus 2024 - 13:03 WIB
loading...
Biodata dan Agama Vitali...
Mengenal lebih dekat dengan Vitali Klitschko. Dia adalah mantan pemilik sabuk juara kelas berat WBO yang kini menjadi Wali Kota Kiev / Foto: World Boxing News
A A A
Mengenal lebih dekat dengan Vitali Klitschko . Dia adalah mantan pemilik sabuk juara kelas berat WBO yang kini menjadi Wali Kota Kiev .

Klitschko kecil dikenal sangat pandai dalam kickboxing, dan ia mengenakan sarung tinju pertamanya pada usia 13 tahun. Ia dijadwalkan untuk mewakili Ukraina dalam tinju di Olimpiade Atlanta 1996, tetapi rencana itu gagal setelah ia dinyatakan positif menggunakan steroid dan dikeluarkan dari tim.

Saudaranya, Wladimir, yang mengikuti Vitali ke tinju amatir, menggantikannya dan memenangkan medali emas kelas berat super. Dua bersaudara itu memulai debut profesional mereka pada pertandingan yang sama di Hamburg, Jerman, pada 1996, masing-masing mencetak kemenangan KO.



Klitschko kalah untuk pertama kalinya pada 1 April 2000, ketika ia mengalami robekan otot rotator saat bertarung dengan petinju Amerika Chris Byrd, yang mengakibatkan kekalahan KO teknis. Petinju Inggris Lennox Lewis menghentikannya dengan pukulan dalam pertahanan gelar kelas berat WBC yang mendebarkan pada 21 Juni 2003.

Setelah Lewis pensiun, Klitschko merebut gelar juara WBC yang kosong, tetapi serangkaian cedera membuatnya mengumumkan pensiun pada 9 November 2005, setelah hanya melakukan satu kali pertahanan. Ia mendapatkan kembali sabuk WBC saat kembali ke atas ring pada 11 Oktober 2008.

Klitschko dan saudaranya termasuk bintang olahraga terkemuka di Eropa, dan reputasi mereka tak hanya besar di atas ring saja. Buktinya, Klitschko bersaudara memperoleh gelar Ph.D. dalam ilmu olahraga, yang membuat mereka dijuluki "Dr. Ironfist" (Vitali) dan "Dr. Steelhammer" (Wladimir).



Duo ini juga menjadi subjek film dokumenter berdurasi panjang, Klitschko (2011). Di luar ring, Vitali memainkan peran penting dalam Revolusi Oranye Ukraina 2004, yang mengantarkan Presiden Viktor Yushchenko ke tampuk kekuasaan.

Vitali Klitschko Suka Berselisih dengan Volodymyr Zelensky

Namun keberhasilan itu bukan berarti memuluskan rencananya untuk menjadi Wali Kota Kiev. Pasalnya, Klitschko pernah gagal dua kali selama mencalonkan diri. Pada 2010 ia menjadi pemimpin partai politik Aliansi Demokratik Ukraina untuk Reformasi (UDAR; akronimnya dalam bahasa Ukraina dieja "punch").

UDAR tampil mengagumkan dalam pemilihan parlemen Ukraina 2012, memenangkan 40 kursi dan memantapkan dirinya sebagai kekuatan penting dalam menentang Presiden Viktor Yanukovych dan Partai Daerah yang berkuasa. Klitschko melepas gelar WBC miliknya dan meninggalkan dunia tinju pada Desember 2013 untuk mendedikasikan waktunya bagi politik Ukraina. Ia muncul sebagai salah satu pemimpin gerakan protes di Maidan (Lapangan Kemerdekaan) Kyiv dan membantu merundingkan penyelesaian yang menghentikan serangan mematikan pemerintah terhadap demonstran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)