alexametrics

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Penggemar Bulgaria Lakukan Rasisme, Ian Wright Sentil UEFA

loading...
Penggemar Bulgaria Lakukan Rasisme, Ian Wright Sentil UEFA
Legenda sepak bola Inggris, Ian Wright mendesak Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) untuk mengatasi rasisme dalam sepak bola / Kolase Daily Express
A+ A-
LONDON - Legenda sepak bola Inggris, Ian Wright mendesak Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) untuk mengatasi rasisme dalam sepak bola. Pernyataan itu muncul setelah para pemain Inggris menjadi sasaran pelecehan rasisme oleh penggemar Bulgaria saat The Three Lions menang 6-0 pada laga penyisihan grup kualifikasi Piala Eropa 2022 di Stadion Vasil Levski, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB.

Pada pertandingan itu wasit terpaksa menghentikan dua kali permainan selama paruh pertama setelah pemain Inggris menjadi sasaran rasis. Wright bereaksi atas tindakan tersebut dan mengatakan UEFA tidak melakukan tindakan untuk mengatasi masalah itu.

"Faktanya adalah ada sekelompok orang (penggemar Bulgaria) yang tidak punya rasa hormat, mereka tidak memiliki rasa hormat. UEFA tidak melakukan cukup banyak. Saya sangat bangga dengan apa yang pemain Inggris lakukan saat ini," kata Wright saat menjadi komentator di ITV Sport.



Pasca turun mimun, kapten Bulgaria, Ivelin Popov terlihat berbicara dengan beberapa pendukung. Sementara bagian tribun ditutup untuk sisa pertandingan karena insiden rasis, tapi Wright menanggapinya sebagai tindakan yang sia-sia.

"Ini adalah hari yang luar biasa dalam upaya mengatasi rasisme, hanya karena kita dapat melihat di stand itu, spanduk anti rasisme yang disahkan UEFA berada di tempat duduk kosong dan itu tidak ada artinya. Apa yang kami lihat adalah serangkaian penggemar yang tidak peduli dan perlu dididik. Itulah yang harus terjadi," lanjut Wright.

"Sebagai pemain hitam, dan kami telah mendengar selama bertahun-tahun tentang masalah ini, tapi itu adalah sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan, karena Anda memang membutuhkan pemain putih untuk melakukan itu dengan Anda, sehingga Anda bisa pergi bersama, karena kamu adalah satu tim bersama. Ketika itu bisa terjadi, dan kamu bisa melihat betapa kuatnya itu, itu akan melakukan sesuatu," pungkas Wright.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak