3 Perbedaan Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia dan Malaysia, Salah Satunya soal Lagu Kebangsaan

Senin, 09 September 2024 - 18:08 WIB
loading...
A A A
Melihat ke belakang, Timnas Indonesia sebenarnya juga pernah melakukan praktik serupa dulunya. Sebut saja seperti Cristian Gonzales, Victor Igbonefo hingga Beto Goncalves.

3. Nasionalisme


Seorang warga negara hendaknya bisa menghafal lagu kebangsaan. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang mungkin baru berpindah kewarganegaraan.

Singkatnya, menyanyikan lagu kebangsaan bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme. Maka dari itu, aspek ini terbilang penting, termasuk untuk para pesepak bola keturunan atau naturalisasi.

Kabar baiknya, penggawa naturalisasi Indonesia memiliki kesadaran untuk menghafal dan ikut menyanyikannya saat bertanding. Bahkan, tak jarang di antaranya terlihat sampai meneteskan air mata karena tersentuh hatinya.

Sementara untuk pemain naturalisasi Timnas Malaysia, mereka sempat menjadi sorotan beberapa waktu lalu. Mereka jadi pusat perhatian setelah disebutkan tak hafal lagu kebangsaan.

Tudingan tersebut dilontarkan penggemar Harimau Malaya di media sosial. Sejumlah akun fanspage di platform X (dulu Twitter) bahkan membandingkan rasa nasionalisme pemainnya dengan penggawa naturalisasi Indonesia.

Itulah sejumlah perbedaan pemain naturalisasi Timnas Indonesia dan Malaysia.
(yov)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0721 seconds (0.1#10.140)