Lifter Aceh Nurul Akmal Jadi Penyulut Api di Upacara Pembukaan PON XXI 2024

Senin, 09 September 2024 - 16:04 WIB
loading...
Lifter Aceh Nurul Akmal...
Atlet angkat besi kebanggaan Aceh, Nurul Akmal akan menjadi penyulut api pada upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Foto/ponxxiaceh
A A A
BANDA ACEH - Atlet angkat besi kebanggaan Aceh, Nurul Akmal akan menjadi penyulut api pada upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Amel -sapaan akrab Nurul Akmal- dipilih karena prestasinya di kancah internasional.

Upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada Senin (9/9/2024) malam WIB. Acara ini akan dihadiri ribuan atlet serta tamu kehormatan, termasuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Presiden Jokowi nantinya akan meresmikan penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ajang multi-olahraga ini akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara pada 9-20 September 2024.



Pada upacara pembukaan, Nurul Akmal terpilih menjadi penyulut api. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo mengatakan, Nurul terpilih karena prestasinya untuk mengharumkan Indonesia di olahraga angkat besi.

"Nurul Akmal telah menunjukkan prestasi luar biasa untuk olahraga Indonesia. Dia telah tampil di dua olimpiade, Tokyo dan Paris,” kata Dito dikutip dari laman resmi PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Nurul Akmal memang salah satu atlet angkat besi putri andalan Indonesia. Beberapa prestasi yang pernah diraih di antaranya adalah medali perak SEA Games 2021 dan 2023.

Seperti kata Dito, Nurul juga sempat bersaing di Olimpiade Tokyo (2020) dan Paris (2024). Penjabat Gubernur Aceh, Safrizal ZA menilai Nurul layak ditunjuk sebagai penyulut api di upacara pembukaan PON XXI karena prestasinya.



"Dia (Nurul Akmal) telah mengharumkan nama Aceh dan Indonesia. Bahkan, dengan prestasinya, kami sempat menawarkan dia bekerja di lembaga perbankan milik daerah,” ujar Safrizal.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)