alexametrics

AFF Futsal Championship 2019

Timnas Futsal Indonesia Tantang Thailand di Final Piala AFF 2019

loading...
Timnas Futsal Indonesia Tantang Thailand di Final Piala AFF 2019
Timnas Futsal Indonesia lolos ke final Piala AFF 2019. Keberhasilan ini sekaligus membawa Indonesia ke putaran final Futsal Piala Asia 2020. Foto : Dok/PSSI
A+ A-
HO CHI MINH CITY - Timnas Futsal Indonesia lolos ke final Piala AFF 2019 dan akan menantang Thailand di partai puncak. Tim Merah Putih sukses ke partai puncak usai menggasak Myanmar di semifinal 4-3.

Menghadapi Myanmar babak empat besar di Phu To Indoor Stadium, Ho Chin Minh City, Jumat (25/10/2019), pelatih Kensuke Takahashi langsung menampilkan skuat terbaiknya. Alhasil pemain Indonesia bisa menekan pertahanan Myanmar melalui Marvin Alexa, Rizki Xavier, Iqbal Iskandar dan Andri Kustiawan.

Meski tertekan, Myanmar juga berhasil memberikan ancaman. Tercatat dua kali kiper Iksan Rahadian dipaksa bekerja keras.



Indonesia akhirnya bisa memecahkan kebuntuan. Melalui sebuah serangan di menit 17, membuah hasil setelah tembakan Firman Adriansyah tak bisa diantisipasi kiper Zwe Pyae Sone. Skor 1-0 ini pun bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Indonesia dan Myanmar langsung saling menekan. Setelah jual beli serangan terjadi, Myanmar akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui Myo Myint Soe.

Namun hal itu tak berlangsung lama setelah di menit 29, Andri Kustiawan membawa Indonesia kembali menjauh. Kegigihan pemain Indonesia untuk memenangkan laga ini terlihat setelah Subhan Faidasa ikut mencatatkan namanya di papan skor.

Ketinggalan dua gol memaksa Myanmar memainkan power play. Kondisi ini membuat pemain Indonesia bertahan. Di sisi lain, taktik Myanmar ini berhasil untuk memperkecil ketinggalan. Untuk kali kedua Soe bisa memperdaya Iksan Rahadian lewat tendangan keras.

Tak mau diperdaya pemain Myanmar yang terus merangsek pertahanan, Marvin Alexa di jelang akhir pertandingan bisa merebut bola dari kaki pemain lawan. Tanpa ampun Marvin menghukum pemain bertahan Myanmar.

Ambisi Myanmar untuk menyamakan kedudukan akhirnya punah juga. Meski Phyae Phyo Maung mencetak gol ketiga buat timnya, waktu tak cukup untuk mengejar satu gol dari Indonesia.

Tampil di final buat Indonesia merupakan perbaikan prestasi tahun lalu. Ketika itu langkah Indonesia terhenti di semifinal dan hanya meraih posisi ketiga setelah mengalahkan Vietnam di perebutan tempat ketiga. Keberhasilan ke final ini sekaligus memastikan langkah Indonesia tampil di putaran final Piala Asia Futsal 2020 yang akan berlangsung di Turkmenistan.

Susunan Pemain
Myanmar
2-Kyaw Htet Aung, 4-Kyaw Soe Moe, 10-Khin Zaw Lin, 7-Myo Myint Soe, 12-Hlaing Min Tun,
Cadangan: 1-Zwe Pyae Sone (GK), 6-Naing Ye Kyaw, 5-Phyae Phyo Maung, 14-Phyae Phyo Maung, 11-Nyein Min Soe, 9-Wai Zin Oo, 13-Aung Zin Oo, 8-Kaung Chit Thu, 3-Ko Ko Lwin

Indonesia
1-M. Iksan Rahadian (GK). 6-Marvin Alexa Wossiry, 3-Muhammad Rizki Xavier, 4-Mochammad Iqbal Iskandar, 10-Andri Kustiawan
Cadangan: 13-Muhammad Albagir, 5-Rio Pangestu Putra, 8-Ardiansyah Nur, 12-Bambang Bayu Saptaji, 11-Ardiansyah Runtuboy, 2-Firman Adriansyah, 14-Randy Satria Mushar, 9-Syahidansyah Lubis, 7-M. Subhan Faidasa
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak