Misi Ganda Garuda Muda Sebelum Berlaga di Uzbekistan

Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:35 WIB
loading...
A A A
Misi lain Garuda Muda di Kroasia adalah adaptasi cuaca sebelum bertolak ke Uzbekistan untuk mengikuti putaran final Piala Asia. Suhu di negara pecahan Yugoslavia itu tidak berbeda jauh dengan Uzbekistan yang berada pada kisaran 19-24 derajat Celsius. Adaptasi selama satu bulan di Kroasia diharapkan membuat pemain timnas Indonesia yang berasal dari negara tropis tidak kesulitan di Piala Asia nanti.

Misi Ganda Garuda Muda Sebelum Berlaga di Uzbekistan


“Saya yakin selama di Kroasia, fisik, teknik, dan permainan timnas U-19 akan makin meningkat. Saat ini kondisi mereka sangat bagus dan selalu berkembang setiap hari,” ujar Tae-yong.

Terkait pemilihan anggota skuadnya, mantan pelatih timnas Korsel itu menyatakan jika 30 pemain dipilih berdasarkan penilaiannya selama pemusatan latihan. Mulai dari perkembangan fisik, teknik, kedisiplinan, hingga sikap selama menjalani pemusatan latihan tahap kedua. (Baca juga: Santri Ditangkap, Warga Kepung Polisi di Pesantren)

Menurut dia, meskipun hasil Piala Asia nanti tidak akan memengaruhi posisi Indonesia pada Piala Dunia U-20 nanti, bukan berarti timnas akan bakal bermain setengah hati. Sebaliknya, target maksimal tetap dibidik di Uzbekistan nanti.

“Kita memang sudah lolos tetap. Namun, bukan berarti kami seenaknya saja bermain di Uzbekistan. Kami tetap menargetkan hasil maksimal di sana,” sebutnya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan jika 30 pemain yang akan diboyong ke Kroasia murni pilihan Tae-yong. Menurutnya, tidak ada campur tangan atau intervensi dari Exco PSSI ataupun pihak-pihak lain. Federasi hanya menerima laporan terkait perkembangan timnas dari tim pelatih.

“Sebanyak 30 pemain ini pilihan pelatih Shin Tae-yong untuk diberangkatkan ke Kroasia. Dia (Shin Tae-yong) juga memberikan laporan bahwa saat ini pemain mengalami perkembangan yang bagus dan grafik meningkat selama pemusatan latihan,” kata Iriawan. (Lihat videonya: 5 Orang tewas di Tangsel Usai Tenggak Miras Oplosan)

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan selain mengikuti turnamen di Kroasia, timnas U-19 direncanakan akan menjalani beberapa laga uji coba. “Sesuai instruksi ketua umum, saya bersama Pelatih Shin Tae-yong terus melakukan koordinasi perkembangan tim,” kata Indra.

Skuad Garuda Muda sendiri dijadwalkan langsung bertolak ke Uzbekistan seusai menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Di Piala Asia, timnas tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. (Abriandi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2967 seconds (0.1#10.140)