alexametrics

Ratusan Atlet Ambil Bagian di Kejurnas dan Babak Kualifikasi PON XX Tarung Derajat

loading...
Ratusan Atlet Ambil Bagian di Kejurnas dan Babak Kualifikasi PON XX Tarung Derajat
Tarung Derajat menggelar l Kejuaraan Nasional tahun 2019 dan Babak Kualifikasi (BK) PON XX mulai 21-24 November 2019 di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung/Foto-foto/SINDOnews/Arif Budianto
A+ A-
BANDUNG - Ratusan peserta dari 22 Pengurus Provinsi (Pengprov) Tarung Derajat dipastikan tampil pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tahun 2019, di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, 21-24 November 2019. Ajang ini sekaligus sebagai Babak Kualifikasi (BK) PON XX.

Dari 22 pengprov, 172 peserta putra dan 72 putri tercatat bakal mengikuti dua kualifikasi Tarung Derajat. Pertama, Tarung Derajat seni gerak diikuti 84 atlet dari 14 pengprov. Mereka akan mengikuti empat nomor dengan 325 peserta. Kedua, kualifikasi tarung untuk putra ada sembilan kelas dan putri lima kelas.

"Tahun ini ada Pengprov baru yang ikut, yakni dari Sulawesi Tenggara. Mereka sudah lama mengharapkan bisa ikut, namun karena keterbatasan pelatih, baru tahun ini bisa ikut serta. Dukungan KONI Sulteng pun sangat bagus untuk Kejurnas ini," kata Sang Guru Muda Tarung Derajat, Badai Meganagara Derajat.
Ratusan Atlet Ambil Bagian di Kejurnas dan Babak Kualifikasi PON XX Tarung Derajat

Kendati bertambah satu provinsi, Kalimantan Tengah dan Maluku tahun ini absen dari Kejurnas Tarung Derajat tahun ini. Hal itu disebabkan belum memenuhinya kuota lima. Sehingga belum bisa mahal Kejurnas dan BK PON.



Badai berharap, semua daerah telah melakukan sebaik mungkin pada Kejurnas 2019 ini. Sehingga bisa menunjukkan hasil terbaik pada semua kelas yang dipertandingkan. Termasuk, pihaknya berharap tercapai zero accident.

Kejurnas ini, kata dia, juga titik awal untuk babak kualifikasi PON XX Tarung Derajat yang akan digelar di Papua. Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan atlet sebaik mungkin dari setiap provinsi. Termasuk terus memantau atlet tuan rumah, Jayapura.

"Mereka (Pengprov Papua) sudah sangat antusias mempersiapkan diri. Bahkan mereka akan berlatih di Kawah Derajat. Kami sangat hargai usaha mereka. Harapan kami mereka bisa menjadi kebanggaan masyrakat Papua dari Tarung Derajat,"
Ratusan Atlet Ambil Bagian di Kejurnas dan Babak Kualifikasi PON XX Tarung Derajat

Pihaknya juga tengah mempersiapkan atlet dari semua Provinsi. Di mana pada April akan digelar pelatihan tingkat nasional untuk menghadapi PON. Para pelatih akan digembleng selama empat hari mengenai teknik dan jurus menghadapi PON. Dia berharap, PON XX akan meningkatkan silaturahmi dan persatuan Indonesia.

Sementara itu, Sekjen KONI Pusat Ade Lukman mengatakan, saat ini SK penyelengaraan PON 2020 di Papua telah diterbitkan. Di mana diputuskan terdapat 37 cabang olahraga, salah satunya Tarung Derajat.

"Tarung Derajat ini akan terus dipertandingkan di PON. Karena sesuai aturan organisasi PON, cabang olahraga prioritas adalah cabang olahraga asli Indonesia. Itu sudah jelas (Tarung Derajat) cabang olahraga asli Indonesia," tegas dia.

Untuk memasukkan Tarung Derajat, pihaknya juga tengah memperjuangkan agar olah raga ini menjadi kejuaraan internasional. Di mana pada 2010 telah masuk ekshibisi SEA Games 2019. Artinya, tinggal beberapa langkah lagi menjadi cabang kejuaraan internasional.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak