Arsene Wenger Bela Oezil Nyatakan Pendapat Soal Uighur

Rabu, 18 Desember 2019 - 23:17 WIB
Arsene Wenger Bela Oezil Nyatakan Pendapat Soal Uighur
Arsene Wenger Bela Oezil Nyatakan Pendapat Soal Uighur
A A A
DOHA - Mantan Pelatih Arsenal Arsene Wenger membela hak Mesut Oezil dalam menyatakan pendapat soal perlakuan China terhadap Muslim Uighur. Namun, Wenger juga mengingatkan Oezil harus 'menerima konsekuensi' dari kritikannya tersebut.

Oezil, seorang Muslim Jerman asal Turki, yang didatangkan Wenger pada 2013, memposting pesan di Twitter dan Instagram pekan lalu, dengan menyebut minoritas Uighur "pejuang yang menentang penganiayaan".

Seperti diberitakan Reuters, Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan Oezil telah tertipu oleh berita palsu. Platform media sosial di China, Weibo, juga meletus dengan pesan-pesan kemarahan, bahkan beberapa menyerukan klub London tersebut memecat Oezil yang menerima bayaran paling tinggi di klub.

Wenger mengatakan kepada wartawan di Doha bahwa dia tidak tahu apakah akan ada dampak jangka panjang bagi Oezil atas reaksi China. (Baca Juga: Arsenal Diminta Jamin Kebebasan Berpendapat Oezil Soal Uighur)."Saya tidak berpikir situasinya pasti, itu bisa berubah dengan sangat cepat, dan meskipun saya tidak mengetahui situasinya secara keseluruhan dengan baik, Oezil telah membuat komentar. Ketika Anda berkomentar tentang pendapat pribadi Anda, Anda akan menerima konsekuensinya itu," kata Wenger.

"Pertama-tama Mesut Oezil memiliki kebebasan berbicara seperti orang lain dan dia menggunakan ketenarannya untuk mengekspresikan pendapatnya. Tidak semua hal perlu dibagi ke semua orang, tetapi Oezil punya hak untuk melakukan itu," tambah pria asal Prancis itu.

Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo, juga mendukung Oezil pada Selasa (17/12/2019), mengatakan Beijing tidak bisa menyembunyikan pelanggaran hak.

China telah berulang kali membantah melakukan penganiayaan terhadap warga Uighur. Namun PBB dan kelompok-kelompok hak asasi manusia memperkirakan hingga dua juta Muslim Uighur telah ditahan sebagai bagian dari apa yang disebut Beijing sebagai kampanye anti-terorisme.

Klub Arsenal bereaksi cepat menjauhkan diri dari komentar gelandang mereka. The Gunners memposting pernyataan di Weibo yang mengatakan itu adalah pendapat pribadi Oezil.

Wenger mengatakan dia tidak ingin terlibat dalam debat tentang keseimbangan yang tepat antara pendapat para pemain dan hubungan komersial yang dimiliki klub-klub besar, seperti Arsenal, secara internasional.

"Saya tidak ingin terlibat dalam dilema itu, saya pikir yang penting adalah bahwa Oezil memiliki tanggung jawab pribadi, dia tidak membawa kata-kata Arsenal Football Club. Jadi yang dia katakan adalah tentang dirinya sendiri, bukan tentang Arsenal,” tambah Wenger.

National Basketball Association (NBA) mengatakan telah menimbulkan kerugian finansial yang besar di China sejak seorang pejabat Houston Rockets mentweet dukungannya untuk protes pro-demokrasi Hong Kong pada Oktober.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5764 seconds (0.1#10.140)