Messi Membangkang, Tak Ikut Pemeriksaan Medis Pramusim Barca

Minggu, 30 Agustus 2020 - 18:38 WIB
loading...
Messi Membangkang, Tak Ikut Pemeriksaan Medis Pramusim Barca
Gerard Pique menghadiri pemeriksaan medis pramusim Barcelona yang digelar pada Minggu (30/8/2020).
A A A
BARCELONA - Lionel Messi berani melawan perintah Barcelona . Bintang Argentina itu tidak menghadiri pemeriksaan medis pramusim yang digelar pada Minggu (30/8/2020). Dengan demikian, Messi tak akan ambil bagian dalam latihan perdana yang mulai digelar Senin (31/8/2020) di bawah arahan Pelatih anyar Ronald Koeman.

Para pemain Barcelona wajib tes virus corona pada Minggu pagi sebagai langkah penerapan protokol kesehatan jelang persiapan pramusim 2020/2021. Messi dijadwalkan tiba pukul 10.15 waktu setempat di Ciutat Esportiva untuk menjalani tes PCR (polymerase chain reaction) untuk Covid-19. Namun, sang kapten tidak muncul di sana hingga tengah hari. ( ).

Laporan media pada Sabtu (29/8/2020) mengatakan Messi tidak akan menjalani pemeriksaan medis pramusim atau menghadiri pelatihan pada hari Senin. Tim hukumnya menyarankan dia untuk tidak hadir karena akan merugikan posisinya.

Peraih enam kali Ballon d'Or itu melapor ke Barcelona pada Selasa (25/8/2020) bahwa dia ingin pergi dari Camp Nou, yang membuat Barca ke dalam kekacauan baru, kurang dari dua pekan setelah kekalahan 2-8 dari Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions 2019/2020. ( ).

Messi mengaktifkan 'klausul keluar' dalam kontraknya, namun Barca menegaskan dia masih terikat kontrak dan karena itu wajib datang mengikuti tes PCR seperti pemain lain di skuat senior.

Barca mengharapkan Messi muncul dan tidak mengambil risiko menghadapi proses disipliner. Namun sejak dikonfirmasi tidak muncul, Messi digolongkan sebagai absen tanpa cuti (absent without leave/AWOL). ( )

Jika Messi tidak muncul pada Senin (31/8/2020), sanksi bisa menjadi lebih berat. Tentu saja dia tidak akan bisa berlatih bersama rekan satu timnya pada Senin jika dia tidak berhasil lulus tes PCR.

Ronald Koeman dan jajarannya rencananya akan menggelar sesi latihan perdana pada Senin, dengan asumsi tidak ada kabar buruk dari tes PCR tersebut. Pelatih asal Belanda itu mengatakan Messi adalah bagian penting dari proyek barunya, tetapi semuanya sekarang menunjukkan Leo tidak akan berperan di musim depan.

Masih mungkin Messi datang Minggu malam waktu lokal untuk lulus tes PCR dan kemudian bebas bergabung untuk latihan besok. Namun, menurut laporan media olahraga berbasis di Barcelona, Sport, itu tampak semakin kecil kemungkinannya melihat dari jam ke jam.

Kontrak Messi yang ditandatangani 2017, berdurasi empat tahun dan memungkinkan penyerang berusia 33 tahun itu meninggalkan klub secara gratis jika memintanya pada 10 Juni 2020.

Klub bersikeras dengan tanggal tersebut, namun pengacara Messi berpendapat bahwa tanggal itu tidak relevan setelah penundaan akibat pandemi virus corona yang menyebabkan perpanjangan musim dan tim bermain hingga Agustus.

Di bawah ketentuan kontrak yang akan berakhir pada 2021, satu-satunya cara Messi bisa pergi tanpa bermasalah dengan Barcelona adalah jika klub lain membayar klausul pelepasannya senilai 700 juta euro (Rp12,1 triliun).

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)