Jarang Orang Tahu, Lima Fakta Menarik Ronald Koeman

Selasa, 01 September 2020 - 16:01 WIB
loading...
Jarang Orang Tahu, Lima Fakta Menarik Ronald Koeman
Jarang Orang Tahu, Lima Fakta Menarik Ronald Koeman. Foto: Barcelona
A A A
BARCELONA - Ronald Koeman diharap bisa mengembalikan kesaktian Barcelona . Pengalamannya sebagai pemain di era 80an dianggap sebagai bekal bagus untuk meraih sukses.

Pelatih asal Belanda tersebut memiliki banyak sisi lain yang menarik di luar lapangan. Berikut lima fakta menarik Koeman yang jarang orang tahu. (Baca Juga: Latihan Perdana Barcelona Bersama Ronald Koeman )

1. Peran Penting di Tim Impian Barcelona
Jarang Orang Tahu, Lima Fakta Menarik Ronald Koeman

Ronald Koeman pindah ke FC Barcelona pada tahun 1989 dan bersama-sama dengan rekan sebangsanya, Johan Cruyff, membawa Barça kembali ke jalur kemenangan – di mana Koeman saat ini memiliki misi serupa. Di sana, ia mengakhiri penantian lama klub akan kejayaan, memenangi empat gelar LaLiga beruntun dari 1991 hingga 1994, di tambah dengan gelar Copa del Rey, Piala Super Spanyol, serta Piala Eropa.

2. Pemain Bertahan dengan Jumlah Gol Terbanyak
Jarang Orang Tahu, Lima Fakta Menarik Ronald Koeman

Bila membahas tentang catatan gol, tidak ada pemain bertahan yang mencetak gol lebih banyak dalam sejarah daripada Ronald Koeman, yang mencatatkan 250 gol dari 759 pertandingan. (Lihat Grafis: Tiga Klub yang Mampu Beli Lionel Messi )

3. Pernah Bermain di Tiga Tim Besar di Belanda
Jarang Orang Tahu, Lima Fakta Menarik Ronald Koeman

Koeman merupakan salah satu dari sedikit pemain yang bermain bagi tiga rival utama di negaranya. Ia memenangkan gelar Eredivisie Bersama Ajax (1984/85), sebelum pindah ke PSV Eindhoven di mana ia merebut tiga gelar liga dan Piala Eropa pertamanya di tahun 1988. Setelah masa jayanya bersama Barcelona, ia kembali ke negaranya bersama Feyenoord, tempat dimana ia mengakhiri karirnya di tahun 1997.

4. Melatih di Hampir Semua Mantan Klub
Jarang Orang Tahu, Lima Fakta Menarik Ronald Koeman

Penunjukannya sebagai pelatih Barcelona menjadikan Groningen sebagai satu-satunya klub tempatnya bermain yang belum ia latih. Setelah pensiun pada tahun 1997, Koeman memulai karir pelatihnya di tahun 2000 dengan mantan timnya, Vitesse. Dari klub tersebut ia pindah ke Ajax, di mana ia meraih dua gelar Eredivisie, Piala Belanda, dan Piala Super; ia kemudian ke PSV untuk menambah gelar Piala Belanda ke koleksi pialanya; lalu kemudian ke Feyenoord.

5. Saudaranya Juga Seorang Pelatih
Jarang Orang Tahu, Lima Fakta Menarik Ronald Koeman

Ronald memiliki kakak laki-laki, yaitu, Erwin Koeman, yang juga memulai karir sebagai pemain di Groningen setahun sebelumnya. Erwin adalah seorang gelandang yang menghabiskan hampir seluruh karirnya di negara asalnya, meninggalkan negaranya hanya sekali untuk ke Belgia di mana ia bermain bersama Mechelen selama lima musim. Ia menjadi sosok terkenal di Groningen, yang dibelanya dalam tiga periode berbeda, dan juga bermain bagi PSV dalam dua periode berbeda dan memenangkan tiga Piala Belanda.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)