Osaka Berjuang Melalui Masker, Dulu Muhammad Ali Rela Sampai Gelar Juara Dunianya Dicopot

Selasa, 01 September 2020 - 22:16 WIB
loading...
Osaka Berjuang Melalui Masker, Dulu Muhammad Ali Rela Sampai Gelar Juara Dunianya Dicopot
Naomi Osaka
A A A
JAKARTA -

Meski masih belia, petenis Jepang Naomi Osaka memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Sikap itu diperlihatkannya saat wawancara selepas memenangkan babak pertama US Open 2020 atas Misaki Doi, Senin (31/8/2020) waktu lokal atau Selasa (1/8/2020) WIB. Pada kesempatan itu ia mengenakan masker hitam bertuliskan Breonna Taylor.

Breonna adalah seorang tenaga medis perempuan kulit hitam yang ditembak hingga delapan kali oleh personel polisi yang menerobos ke apartemennya di Louisville, Kentucky pada 13 Maret lalu. Peristiwa pembunuhan Taylor masih menjadi perdebatan hingga kini.

"Bagi saya, saya hanya ingin menebarkan kesadaran," kata unggulan keempat kepada wartawan dalam konferensi video. “Saya sadar bahwa tenis ditonton di seluruh dunia, dan mungkin ada seseorang yang tidak mengetahui cerita Breonna Taylor."

Petenis berusia 22 tahun itu berharap orang yang belum mengenal Breonna akan mencarinya via Google atau semacamnya. “Saya merasa semakin banyak orang tahu ceritanya, maka mereka akan semakin menarik mereka atau bahkan tertarik," kata juara AS Terbuka 2019 dan Australia Terbuka 2019.

Sebelumnya, pada 27 Agustus silam, gegara penembakan berlatar belakang rasialis terhadap pria Afro-Amerika Jacob Blake, ia sempat mogok bermain di semifinal Western & Southern Open, New York. Namun setelah penyelenggara turnamen memutuskan untuk menunda semua pertandingan babak empat besar satu hari untuk berkonsultasi dengan WTA dan USTA, ia akhirnya setuju untuk melanjutkan partisipasinya. “Menurut saya hal itu membuat protes lebih diperhatikan. Saya ingin berterima kasih kepada WTA dan turnamen atas dukungan mereka," kata Osaka seperti dilaporkan Reuters, Jumat, 28 Agustus 2020.

Dalam tempo berdekatan sudah empat warga keturunan Afrika yang tewas di tangan polisi AS. Selain Breonna dan Blake, ada Eljah McClain dan George Floyd.

Muhammad Ali memelopori

Begitulah, Amerika Serikat memang sudah 244 tahun merdeka. Nyatanya, sikap rasialisme masih subur terjadi hingga kini.

Sikap penolakan seorang olahragawan terhadap rasialisme di Negeri Paman Sam dipelopori oleh petinju legendaris Muhammad Ali 53 tahun lampau. Bahkan demi mempertahankan sikapnya ia rela gelar juara dunia kelas beratnya oleh otoritas tinju AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)