Hapus Diskriminasi, Brasil Setarakan Gaji Timnas Pria dan Wanita

Kamis, 03 September 2020 - 16:31 WIB
loading...
Hapus Diskriminasi, Brasil Setarakan Gaji Timnas Pria dan Wanita
CBF melakukan perubahan besar dalam upaya menghapus diskriminasi pendapatan untuk timnas pria dan wanita Brasil/Foto/Sky Sports
A A A
RIO DE JANEIRO - Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) melakukan perubahan besar dalam upaya menghapus diskriminasi pendapatan untuk tim nasional (timnas) pria dan wanita. CBF mengatakan bahwa timnas mereka akan menerima gaji dan hadiah uang yang sama.

"Tidak ada lagi perbedaan gender, CBF memperlakukan pria dan wanita secara setara," kata kepala CBF Rogerio Caboclo dalam pernyataannya, Rabu (2/9/2020) waktu lokal, seperti dilansir Reuters. ( ).

CBF mengatakan bahwa mereka juga telah menunjuk dua koordinator sepak bola wanita, Duda Luizelli dan Aline Pellegrino.

Timnas pria Brasil paling sukses dalam sepak bola , dengan rekor memenangkan Piala Dunia lima kali. Mereka juga memenangkan kejuaraan kontinental, Copa America, sembilan kali, terakhir di kandang sendiri pada 2019.

Sedangkan timnas wanita juga termasuk yang terbaik dalam permainan ini, setelah mencapai final Piala Dunia pada tahun 2007 dan final Olimpiade berturut-turut pada tahun 2004 dan 2008. ( ).

Perbedaan gaji antara pemain sepak bola profesional pria dan wanita telah menjadi sorotan sejak tim wanita Amerika Serikat menggugat badan sepak bola AS tahun lalu dengan tuduhan diskriminasi gender dalam pendapatan dan kondisi kerja.

Gugatan itu diajukan oleh 28 pemain timnas wanita tahun lalu terhadap Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF) . Tapi, klaim tim tersebut ditolak pengadilan pada Mei 2020. Mereka mengajukan banding atas keputusan tersebut juga ditolak pada akhir Juni 2020.
( ).

Timnas wanita AS memenangkan Piala Dunia Wanita musim panas lalu untuk gelar keempat mereka secara keseluruhan. Mereka juga memenangkan lima medali emas Olimpiade. Sementara tim pria AS mencapai perempat final Piala Dunia pada tahun 2002, sementara hasil terbaik mereka adalah tempat ketiga di turnamen Piala Dunia perdana pada tahun 1930.

Sementara itu otoritas sepak bola Australia mengatakan pada November bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan serikat pemain tentang perjanjian tawar-menawar kolektif baru yang "menutup kesenjangan gaji" antara tim pria dan wanita Australia .
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)